Strategi Modifikasi alat dalam Pembelajaran Lempar lembing
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14917Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki jalannya proses pembelajaran Lempar lembing melalui modifikasi alat.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan siklus, dimana tahap tiap siklus yaitu planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 3 Kuburaya Kalimantan Barat yang berjumlah 34 siswa. Hasil peningkatan pembelajaran Lempar lembing diperoleh dengan cara membandingkan nilai observasi dengan awal tes sebelum tindakan yang dikenal dengan “pra siklus”. Dari analisis data, diperoleh bahwa Penggunaan media modifikasi peluru dari bola kertas dalam proses pembelajaran keterampilan Lempar lembing pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kuburaya Kalimantan Barat. Hal ini terlihat dari peningkatan keterampilan Lempar lembing pada siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 26%. Terdapat peningkatan keterampilan Lempar lembing dengan menggunakan media modifikasi alat pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kuburaya Kalimantan Barat .Kesimpulan dari penelitian ini adalah “Melalui alat dapat meningkatkan keterampilan Lempar lembing pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kuburaya Kalimantan Barat .Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Supriatna, E. . (2023). Strategi Modifikasi alat dalam Pembelajaran Lempar lembing. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5839–5845. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14917
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Eka Supriatna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









