Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Kelas X DKV SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2022

Authors

  • Linda Linda SMK Negeri 5 Rumbai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14878

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  hasil belajar matapelajaran IPAS  dengan  merapkan metode kooperatif tipe STAD. Adapun rumusan masalah yang telah disusun oleh peneliti adalah : “Apakah dengan menggunakan metode Kooperatif tipe STAD   dapat meningkatkan  hasil belajar IPAS siswa Kelas X DKV SMKN 5 Pekanbaru. Penelitian ini diterapkan di SMKN 5 Pekanbaru, di Kelas X DKV, sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah tahun  2021 pada semester ganjil. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X DKV  sebanyak 35 orang siswa.  Analisis data mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menentukan aspek-aspek yang diamati pada masing-masing indicator  hasil belajar. Hasil penelitian pada bab-bab yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan   hasil belajar IPAS siswa Kelas X DKV SMKN 5 Pekanbaru mata pelajaran IPAS pada pokok bahasan interkasi sosial dan dinamika sosial dapat meningkatkan hasil belajar IPAS. Setelah dilakukan tidakan nilai rata-rata dari skor dasar 65, pada siklus I rata-rata 77,69 dan pada siklus II nilai rata-rata 81,43 sehingga dilihat adanya kenaikan nilai yang signifikan dan semua siswa sebanyak 33 orang tuntas karena nilai hasil belajarnya di atas nilai KKM, hanya 2 orang siswa yang masih remedial. 

Downloads

Published

2023-05-22

How to Cite

Linda, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Kelas X DKV SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 169–174. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14878