Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Terhadap Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Meningkatkan Kebhinekaan dan Toleransi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14768Abstract
Modul Nusantara menjadi salah satu mata kuliah wajib mahasiswa yang mengikuti program PertukaranMahasiswa Merdeka. Modul Nusantara adalah rangkaian kegiatan yang memfokuskan untuk menciptakanpemahaman kebhinekaan dan toleransi dalam memperkenalkan kekayaan kebudayaan Nusantara dari berbagaihal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran mata kuliah Modul Nusantara dalammeningkatkan kebhinekaan kebudayaan dan sikap toleransi mahasiswa terhadap perbedaan kebudayaan yangdijumpai di daerah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalahmahasiswa inbound pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas Negeri Semarang Tahun 2022.Pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa mata kuliah modul Nusantara memiliki peran dalam peningkatan kebhinekaan dan sikaptoleransi budaya sesama mahasiswa. Dalam kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka mahasiswa berkesempatanmenjelajahi dan mengunjungi provinsi lain, mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di luar perguruan tinggiasal, mahasiswa mampu menambah relasi, mahasiswa mampu mengenal dan memahami kebudayaan luar daerah,mahasiswa mampu meningkatkan kebhinekaan dan sikap toleransi serta mendapatkan konversi sks. Semangatdan motivasi siswa melalui pembelajaran Modul Nusantara menjadi bagian dari terlaksananya dan suksesnyakegiatan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka selama ini.Downloads
Published
2023-04-18
How to Cite
Silalahi, J. ., Munthe, . B. ., mare, A. L. B. M. ., Sitorus, E. L. ., & Purba, D. O. . (2023). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Terhadap Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Meningkatkan Kebhinekaan dan Toleransi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4659–4663. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14768
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Jojor Silalahi , Bangun Munthe , Ade Lestari Br Mare mare , Era Lika Sitorus , Desiana Omartinez Purba
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).