Pemenuhan Aksesibilitas Layanan Perpustakaan Bagi Penyandang Disabilitas

Authors

  • Indah Listyaningrum Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14686

Abstract

Artikel ini menjelaskan upaya pemenuhan aksesibilitas layanan perpustakaan bagi penyandang disabilitas. Untuk itu artikel ini diharapkan dapat memperkaya kajian mengenai layanan publik yang ramah disabilitas melalui pemenuhan aksesibilitas layanan yang memadai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada pihak Perpustakaan Daerah Wilayah Kalimantan Barat (Perpusda Kalbar). Studi ini menunjukan bahwa, Perpusda Kalbar sebagai sebuah lembaga pelayanan publik belum ramah disabilitas atau belum dapat memenuhi aksesibilitas layanan perpustakaan bagi Penyandang Disabilitas sebagaimana amanat UU No. 43 Th. 2007 bab II pasal 5 ayat 3 tentang Perpustakaan. Akan tetapi, dalam upaya pemenuhan aksesibilitas layanan perpustakaan bagi Penyandang Disabilitas, Perpusda Kalbar telah melakukan beberapa upaya baik yang telah terealisasi maupun yang masih dalam proses perencanaan.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Listyaningrum, I. . (2023). Pemenuhan Aksesibilitas Layanan Perpustakaan Bagi Penyandang Disabilitas . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5757–5762. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14686