Gambaran Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Bernardus Widodo Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14685

Abstract

Persoalan Pandemi Covid 19 mengkondisikan pada iklim pembelajaran siswa bersifat daring, yang tidak mustahil dapat menimbulkan banyak masalah bagi para siswa,  salah satunya adalah “prokrastinasi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat prokrastinasi akademik siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 di SMAK St.Bonaventura Madiun Tahun 2021/2022. Metode yang digunakan kuantitatif deskriptif dengan alat pengumpul data berupa angket berbentuk skala prokrastinasi akademik yang dikembangkan berdasarkan aspek prokrastinasi menurut Ferrari (dalam Kartadinata dan Sia,2008). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Aspek perilaku prokrastinasi akademik yang oleh siswa mendapat respon sangat setuju dan setuju dalam masa pandemi Covid 19 di SMAK St.Bonaventura Madiun,yaitu: (a). Aspek Emotional Distress sebesar 72.43%, (b).Aspek  Perceived Time, sebesar 75.5%, (c). Aspek Intention Action, sebesar 69.22%, dan  (d). Aspek Perceived Ability, sebesar 71.67, 2). Tingkat perilaku prokrastinasi akademik siswa SMAK St.Bonaventura dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 tergolong kategori tinggi, karena mencapai 50.79%, 3). Sedangkan 3 faktor dominan yang menyebabkan munculnya gejala perilaku prokrastinasi akademik siswa SMAK St.Bonaventura dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19, yaitu faktor: (a) beban tugas/PR yang banyak, sebesar 93.65%, (b) sulit memahami materi berbeda saat guru menjelaskan melalui pembelajaran luring, ada interaksi, sebesar 76.19%, dan (3) belajar secara daring kurang konsentasi, tidak bisa mengikuti secara penuh, lebih asik bermain game, sebesar 68.25%. Kata Kunci: prokrastinasi akademik; pembelajaran

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Widodo, B. . (2023). Gambaran Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5747–5756. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14685