Gambaran Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14685Abstract
Persoalan Pandemi Covid 19 mengkondisikan pada iklim pembelajaran siswa bersifat daring, yang tidak mustahil dapat menimbulkan banyak masalah bagi para siswa, salah satunya adalah “prokrastinasi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat prokrastinasi akademik siswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 di SMAK St.Bonaventura Madiun Tahun 2021/2022. Metode yang digunakan kuantitatif deskriptif dengan alat pengumpul data berupa angket berbentuk skala prokrastinasi akademik yang dikembangkan berdasarkan aspek prokrastinasi menurut Ferrari (dalam Kartadinata dan Sia,2008). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Aspek perilaku prokrastinasi akademik yang oleh siswa mendapat respon sangat setuju dan setuju dalam masa pandemi Covid 19 di SMAK St.Bonaventura Madiun,yaitu: (a). Aspek Emotional Distress sebesar 72.43%, (b).Aspek Perceived Time, sebesar 75.5%, (c). Aspek Intention Action, sebesar 69.22%, dan (d). Aspek Perceived Ability, sebesar 71.67, 2). Tingkat perilaku prokrastinasi akademik siswa SMAK St.Bonaventura dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 tergolong kategori tinggi, karena mencapai 50.79%, 3). Sedangkan 3 faktor dominan yang menyebabkan munculnya gejala perilaku prokrastinasi akademik siswa SMAK St.Bonaventura dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19, yaitu faktor: (a) beban tugas/PR yang banyak, sebesar 93.65%, (b) sulit memahami materi berbeda saat guru menjelaskan melalui pembelajaran luring, ada interaksi, sebesar 76.19%, dan (3) belajar secara daring kurang konsentasi, tidak bisa mengikuti secara penuh, lebih asik bermain game, sebesar 68.25%. Kata Kunci: prokrastinasi akademik; pembelajaranDownloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Widodo, B. . (2023). Gambaran Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5747–5756. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14685
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Bernardus Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









