Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Dengan Model Kooperatif Tipe Auditory, Intellectually, Repetition Di Kelas V SD

Authors

  • Annisa Fajra Ashar Universitas Negeri Padang
  • Atri Waldi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14654

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari hasil belajar peserta didik yang masih rendah dan dalam proses pembelajaran guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggunakan model kooperatif tipe Auditory, Intellectually, Repetition dikelas V SDN 10 Pandai Sikek Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus, yaitu siklus I dilaksanakan 2 pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 Pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a)RPP siklus I dengan rata-rata 84,6% (B), siklus II 94,44% (SB), b).Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 81,25% (B) siklus II 93,75% (SB), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 82,8% (B), siklus II 93,7% (SB), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata dengan 77,01 dan siklus II rata-rata 92,33. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan model ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-05-13

How to Cite

Annisa Fajra Ashar, & Waldi, A. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Dengan Model Kooperatif Tipe Auditory, Intellectually, Repetition Di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 116–122. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14654