Dikotomi Dalam Pendidikan Islam

Authors

  • irwansyah Suwahyu Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14620

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melakukan analisis terkait Pendidikan Islam dan dikotomi dalam Pendidikan Islam yang terjadi saat ini. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa Pendidikan Islam di masa lalu tidak mengenal adanya perbedaan antara Pendidikan agama dan Pendidikan umum. Karena pada dasarnya semua ilmu bersumber kepada Al-Qur’an dan Hadis. Dan yang terjadi saat ini telah adanya dikotomi pada Pendidikan Islam itu sendiri. Baik dari pemisahan antara pelajaran agama dan umum yang tidak saling menyentuh. Porsi jam pelajaran agama di sekolah umum juga sangat sedikit.  Sehingga solusi yang sangat tepat adalah dengan melakukan Islamisasi terhadap pengetahuan-pengetahuan umum yang akan menghadirkan keseimbangan dalam setiap proses pembelajaran bagi peserta didik.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Suwahyu, irwansyah. (2023). Dikotomi Dalam Pendidikan Islam . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5831–5838. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14620