Optimalisasi Strategi Pemasaran Pada Produk Simpanan di BMT Niaga Utama Karawang

Authors

  • Khoirunisa Putri Islamiyati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ajat Sudrajat Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14586

Abstract

BMT Niaga Utama adalah BMT yang terdapat di Kabupaten Karawang, BMT memiliki 5 unit cabang. Adapun promosi yang dilakukan oleh BMT Niaga Utama adalah hanya dengan melakukan promosi secara langsung kepada para UKM yang jaraknya kurang lebih 5km dari kantor. Tujuan dari adanya penlitian ini untuk melihat dan menganalisis dari strategi pemasaran dan bauran pemasaran pada BMT Niaga Utama Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa BMT Niaga Utama menerapkan strategi pemasaran STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning). Selain itu, BMT Niaga Utama juga menerapkan bauran pemasaran yang meliputi produk (product), harga (price), lokasi (location), promosi (advertising), proses (process), bukti fisik (physical evidence), dan manusia (people).

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Islamiyati, K. P. ., & Sudrajat, A. . (2023). Optimalisasi Strategi Pemasaran Pada Produk Simpanan di BMT Niaga Utama Karawang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5700–5704. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14586