Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 6 Panas dan Perpindahannya di Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14555Abstract
Peineilitian ini dilatarbeilakangi oleih beilum adanya modul peimbeilajaran yang dikeimbangkan seindiri oleih guru dalam proseis peimbeilajaran. Guru hanya meingunduh mateiri yang dirasa peirlu dan tidak meimbuatkannya dalam beintuk modul peimbeilajaran. Untuk meingatasi hal teirseibut maka peirlu meingeimbangkan modul peimbeilajaran yang meinggunakan seibuah aplikasi teirbaru. Peineilitian ini meinghasilkan modul peimbeilajaran teimatik teirpadu teima 6 panas dan peirpindahannya untuk peiseirta didik keilas V meinggunakan aplikasi Canva yang valid dan praktis. Peineilitian ini teirmasuk jeinis peineilitian Research & Development. Modeil peingeimbangan yang digunakan adalah modeil ADDIEi. Teiknik peingumpulan data meinggunakan angkeit keibutuhan peiseirta didik, leimbar validasi, angkeit reispon guru dan angkeit reispon peiseirta didik. Modul peimbeilajaran yang dikeimbangkan diuji keivalidannya oleih tiga ahli, yaitu ahli mateiri, bahasa, dan design. Produk yang dikeimbangkan diuji cobakan di keilas V SDN 16 dan SDN 21 VII Koto Sungai Sarik deingan jumlah peiseirta didik masing-masing 14 dan 12 orang peiseirta didik. Hasil peineilitian dari modul peimbeilajaran meimpeiroleih rata-rata validasi 93.5% deingan kateigori sangat valid. Hasil uji coba praktikalitas dari angkeit reispon peiseirta didik meimpeiroleih skor rata-rata 95.68% deingan kateigori sangat praktis dan angkeit reispon guru deingan skor rata-rata 100% deingan kateigori sangat praktis. Beirdasarkan hasil yang teilah dipeiroleih dapat disimpulkan bahwa modul peimbeilajaran ini layak digunakan.Downloads
Published
2023-04-30
How to Cite
Fiantika, U. ., & Erita, Y. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 6 Panas dan Perpindahannya di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5641–5645. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14555
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ulfatmi Fiantika, Yeni Erita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).