Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 6 Panas dan Perpindahannya di Kelas V SD

Authors

  • Ulfatmi Fiantika Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14555

Abstract

Peineilitian ini dilatarbeilakangi oleih beilum adanya modul peimbeilajaran yang dikeimbangkan seindiri oleih guru dalam proseis peimbeilajaran. Guru hanya meingunduh mateiri yang dirasa peirlu dan tidak meimbuatkannya dalam beintuk modul peimbeilajaran. Untuk meingatasi hal teirseibut maka peirlu meingeimbangkan modul peimbeilajaran yang meinggunakan seibuah aplikasi teirbaru. Peineilitian ini meinghasilkan modul peimbeilajaran teimatik teirpadu teima 6 panas dan peirpindahannya untuk peiseirta didik keilas V meinggunakan aplikasi Canva yang valid dan praktis. Peineilitian ini teirmasuk jeinis peineilitian Research & Development. Modeil peingeimbangan yang digunakan adalah modeil ADDIEi. Teiknik peingumpulan data meinggunakan angkeit keibutuhan peiseirta didik, leimbar validasi, angkeit reispon guru dan angkeit reispon peiseirta didik. Modul peimbeilajaran yang dikeimbangkan diuji keivalidannya oleih tiga ahli, yaitu ahli mateiri, bahasa, dan design. Produk yang dikeimbangkan diuji cobakan di keilas V SDN 16 dan SDN 21 VII Koto Sungai Sarik deingan jumlah peiseirta didik masing-masing 14 dan 12 orang peiseirta didik. Hasil peineilitian dari modul peimbeilajaran meimpeiroleih rata-rata validasi 93.5% deingan kateigori sangat valid. Hasil uji coba praktikalitas dari angkeit reispon peiseirta didik meimpeiroleih skor rata-rata 95.68% deingan kateigori sangat praktis dan angkeit reispon guru deingan skor rata-rata 100% deingan kateigori sangat praktis. Beirdasarkan hasil yang teilah dipeiroleih dapat disimpulkan bahwa modul peimbeilajaran ini layak digunakan.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Fiantika, U. ., & Erita, Y. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Tema 6 Panas dan Perpindahannya di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5641–5645. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14555