Konstribusi Persepsi Siswa Keluarga Harmonis dan Guru Sebagai Konselor Terhadap Perkembangan Moral

Authors

  • Gundari Ginting Sekolah Tinggi Teologi Baptis Medan
  • Yane Henderina Keluanan Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Veny Yuliati Ly Natto Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Isa Martina Kemit Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14482

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui besarnya konstribusi persepsi keluarga yang harmonis dan Guru sebagai konselor terhadap perkembangan moral siswa di kelas VII SMP Negeri 1 Pancur Batu. Peneliti menetapkan sampel penelitian sebanyak 30 orang. Angket digunakan sebagai Instrumen penelitian untuk menjaring data penelitian pada variabel Keluarga Harmonis (X1), Guru sebagai Konselor (X2) dan Perkembangan Moral Siswa (Y). Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan rumus statistik parametrik karena hasil perhitungan memenuhi hasil normalitas, kelinearan dan keberartian. Hasil penelitian menyimpulkan terdapat konstribusi Keluarga Harmonis terhadap Perkembangan Moral siswa pada jenjang nihil ry1= 0,551. Terdapat Konstribusi Guru sebagai Konselor terhadap Perkembangan Moral siswa pada jenjang nihil ry2=0,539 dan terdapat konstribusi secara bersama-sama anatara Keluarga Harmonis dan Guru sebagai Konselor terhadap Perkembangan Moral Siswa dengan koefisien ganda R2= 0,426. Jika anggota keluarga merasa bahagia yang ditandai oleh berkurangnya ketegangan, kekecewaan dan menerima seluruh keadaan dan keberadaan dirinya yang meliputi aspek fisik, mental dan sosial, maka dari itu sangat mempengaruhi perkembangan moral seorang siswa. Keluarga yang harmonis adalah keluarga yang rukun berbahagia, tertib, disiplin, saling menghormati dan memiliki etos kerja yang baik. Dari keluarga harmonis memberi pengaruh pada perkembangan Moral Siswa.

Author Biographies

Gundari Ginting, Sekolah Tinggi Teologi Baptis Medan

Prodi PAK

Yane Henderina Keluanan, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

Prodi PAK

Veny Yuliati Ly Natto, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

Prodi Teologi

Isa Martina Kemit, Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara

Prodi PAK

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Ginting, G., Henderina Keluanan, Y., Natto, V. Y. L., & Kemit, I. M. (2023). Konstribusi Persepsi Siswa Keluarga Harmonis dan Guru Sebagai Konselor Terhadap Perkembangan Moral. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5628–5641. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14482