Strategi Pemberdayaan Petani Karet dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Sidomakmur Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin

Authors

  • Khoirul Istiqamah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14416

Abstract

Skripsi ini berjudul Strategi Pemberdayaan Petani Karet dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Pendapatan Masyarakat di Desa Sidomakmur Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Strategi pemberdayaan petani karet dilakukan agar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Sidomakmur.Dengan strategi pemberdayaan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Sidomakmur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana strategi pemberdayaan petani dan apa saja kendala yang dialami oleh petani karet. Jenis penelitian adalah kualitatif yang menggambarkan secara deskriptif sebagai fokus penelitian berdasarkan data yang diolah berkaitan dengan strategi pemberdayaan petani karet di Desa Sidomakmur. Sumber data adalah data pimer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat informan utama yang terdiri dari 7 orang. Teknik analisis data dengan menganalisis hasil olahan data tersebut diinterprestasikan dalam bentuk narasi. Sedangkan dalam pengabsahan data menggunakan metode kualitatif dengan model interaksi dan dasar penelitian survey. Kemudian peneliti mengambil kesimpulan bahwa strategi pemberdayaan petani karet ialah adanya support, memeberikan pelatihan, membangun jaringan pemasaran, pemberian bibit, bantuan sarana dan prasarana dan terakhir diskusi. Dengan adanya stategi ini yang akan nantinya bisa membantu para petani karet sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin.  

Downloads

Published

2023-05-04

How to Cite

Istiqamah, K. (2023). Strategi Pemberdayaan Petani Karet dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Desa Sidomakmur Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 73–79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14416