Meningkatan Prestasi Dan Partisipasi Belajar Bahasa Inggris Terhadap Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 1 Lingga Utara Melalui Metode Teams Accelerated Instructions
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14369Abstract
Rendahnya hasil prestasi dan partisipasi belajar peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 1 Lingga Utara terhadap mata pelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian dilakukan untuk meningkatan prestasi dan partisipasi belajar melalui metode teams accelerated instructions (TAI). Penelitian melibatkan 25 peserta didik dan dilakukan dalam tiga siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan interpretasi, dan refleksi. Metode penelitian meliputi instrumen tes, lembar observasi, dan kuis. Indikator keberhasilan penelitian adalah 80% prestasi belajar dan 70% partisipasi belajar. Hasil prestasi belajar di pra siklus diperoleh nilai rata-rata 66% kategori tidak tuntas, di siklus I yaitu 78% kategori tidak tuntas, dan meningkat di siklus II yaitu 88% kategori tuntas. Hasil partisipasi belajar peserta didik di pra siklus diperoleh nilai rata-rata 65% tidak tuntas, di siklus I meningkat menjadi 73% dan tuntas tuntas, dan di siklus II meningkat menjadi 82% dan tuntas. Dengan kata lain, penerapan metode teams accelerated instructions meningkatkan hasil prestasi belajar peserta didik di siklus II naik 10% dari siklus I, dan partisipasi belajar naik 9% dari siklus I. Penerapan metode teams accelerated instructions meningkatkan prestasi dan partisipasi belajar peserta didik. Peserta didik merasa senang, nyaman, aktif, dan mudah memahami materi pembelajaran bahasa Inggris.Downloads
Published
2023-04-28
How to Cite
Sucahyo, P. E. . (2023). Meningkatan Prestasi Dan Partisipasi Belajar Bahasa Inggris Terhadap Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 1 Lingga Utara Melalui Metode Teams Accelerated Instructions . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5239–5254. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14369
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Petrus Edi Sucahyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









