Meningkatan Prestasi Dan Partisipasi Belajar Bahasa Inggris Terhadap Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 1 Lingga Utara Melalui Metode Teams Accelerated Instructions

Authors

  • Petrus Edi Sucahyo SMP Negeri 1 Lingga Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14369

Abstract

Rendahnya hasil prestasi dan partisipasi belajar peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 1 Lingga Utara terhadap mata pelajaran bahasa Inggris. Tujuan penelitian dilakukan untuk  meningkatan prestasi dan partisipasi belajar melalui metode teams accelerated instructions (TAI). Penelitian melibatkan 25 peserta didik dan dilakukan dalam tiga  siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan interpretasi, dan refleksi. Metode penelitian meliputi instrumen tes, lembar observasi, dan kuis. Indikator keberhasilan penelitian adalah 80% prestasi belajar  dan 70% partisipasi belajar. Hasil prestasi belajar  di pra siklus diperoleh nilai rata-rata 66% kategori tidak tuntas, di siklus I yaitu 78% kategori tidak tuntas, dan meningkat di siklus II yaitu 88% kategori tuntas. Hasil partisipasi belajar peserta didik di pra siklus diperoleh nilai rata-rata 65% tidak tuntas, di siklus I meningkat menjadi 73% dan tuntas tuntas, dan di siklus II meningkat menjadi 82% dan tuntas. Dengan kata lain, penerapan metode teams accelerated instructions meningkatkan hasil prestasi belajar peserta didik di siklus II naik 10% dari siklus I, dan partisipasi belajar naik 9% dari siklus I. Penerapan metode teams accelerated instructions meningkatkan prestasi dan partisipasi belajar peserta didik. Peserta didik merasa senang, nyaman, aktif, dan mudah memahami materi pembelajaran bahasa Inggris.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Sucahyo, P. E. . (2023). Meningkatan Prestasi Dan Partisipasi Belajar Bahasa Inggris Terhadap Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 1 Lingga Utara Melalui Metode Teams Accelerated Instructions . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5239–5254. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14369