Media Pembelajaran Komik Menggunakan Aplikasi Canva for Education pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Rian Septiani Siagian Universitas Jambi
  • Muhammad Sofwan Universitas Jambi
  • Suci Hayati Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14364

Abstract

Pembelajaran matematika memerlukan adanya media pembelajaran yang dapat membantu guru dan peserta didik dalam menyampaikan dan memahami topik pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran komik menggunakan aplikasi canva for education pada pembelajaran matematika kelas V Sekolah Dasar, (2) Mendeskripsikan validitas media pembelajaran komik menggunakan aplikasi canva for education pada pembelajaran matematika kelas V sekolah dasar, (3) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran komik yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran komik untuk pembelajaran matematika kelas V sekolah dasar yang dikembangkan dengan menggunakan aplikasi canva. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori sangat valid, hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 4,6 dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian praktisi memperoleh skor rata-rata 4,4 dengan kategori sangat praktis. Kepraktisan media pembelajaran komik yang telah dikembangkan juga memperhatikan angket respon peserta didik dengan rata-rata 4,6 pada uji coba kelompok kecil dan rata-rata 4,47 pada uji coba kelompok besar.

Downloads

Published

2023-04-27

How to Cite

Siagian, R. S. ., Sofwan, M. ., & Hayati, S. . (2023). Media Pembelajaran Komik Menggunakan Aplikasi Canva for Education pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5222–5230. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14364