Strategi Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Mengatasi Demotivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTS Negeri 02 Tegal

Authors

  • Amelia Nur Afina Universitas Negeri Semarang
  • Aisyah Nur Sayidatun Nisa Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi faktor penyebab demotivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 02 Tegal, (2) menganalisis strategi guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mengatasi demotivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 02 Tegal. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan teknik keabsahan data triangulasi sumber. Data dikumpulkan dengan hasil observasi non partisipasi, wawancara terstruktur dan dokumentasii. Data dianalisis menggunakan reduksi data dengan melakukan konseptualisasi kategorisasi dan tematisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor penyebab demotivasi belajar siswa diantaranya faktor internal (1) minat belajar; (2) kesehatan. Faktor eksternal meliputi (1) kondisi lingkungan keluarga; (2) pergaulan teman sebaya; (3) lingkungan sekolah; (4) lingkungan tempat tinggal siswa. Guru melakukan berbagai strategi pembelajaran diantaranya (1) pembelajaran kooperatif tipe mind mapping, make a match, talking stick and think, pair & share; (2) pembelajaran kontekstual dan (3) pembelajaran ekspositori melalui kuis interaktif media quizzizz & kahoot. Guru melakukan teknik memotivasi belajar siswa seperti menyampaikan tujuan dan manfaat belajar, memberikan sugesti positif, pujian, penilaian dan kuis interaktif.

Downloads

Published

2023-04-26

How to Cite

Afina, A. N. ., & Nisa, A. N. S. . (2023). Strategi Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Mengatasi Demotivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTS Negeri 02 Tegal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5182–5192. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14299