Strategi Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Mengatasi Demotivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTS Negeri 02 Tegal
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14299Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi faktor penyebab demotivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 02 Tegal, (2) menganalisis strategi guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mengatasi demotivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 02 Tegal. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan teknik keabsahan data triangulasi sumber. Data dikumpulkan dengan hasil observasi non partisipasi, wawancara terstruktur dan dokumentasii. Data dianalisis menggunakan reduksi data dengan melakukan konseptualisasi kategorisasi dan tematisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor penyebab demotivasi belajar siswa diantaranya faktor internal (1) minat belajar; (2) kesehatan. Faktor eksternal meliputi (1) kondisi lingkungan keluarga; (2) pergaulan teman sebaya; (3) lingkungan sekolah; (4) lingkungan tempat tinggal siswa. Guru melakukan berbagai strategi pembelajaran diantaranya (1) pembelajaran kooperatif tipe mind mapping, make a match, talking stick and think, pair & share; (2) pembelajaran kontekstual dan (3) pembelajaran ekspositori melalui kuis interaktif media quizzizz & kahoot. Guru melakukan teknik memotivasi belajar siswa seperti menyampaikan tujuan dan manfaat belajar, memberikan sugesti positif, pujian, penilaian dan kuis interaktif.Downloads
Published
2023-04-26
How to Cite
Afina, A. N. ., & Nisa, A. N. S. . (2023). Strategi Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Mengatasi Demotivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTS Negeri 02 Tegal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5182–5192. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14299
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Amelia Nur Afina, Aisyah Nur Sayidatun Nisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









