Hubungan Antara Self-Esteem dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Produk Kosmetik Secara Online pada Wanita Dewasa Awal
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14288Abstract
Perkembangan teknologi dan internet saat ini membawa banyak perubahan bagi berbagai kehidupan masyarakat, salah satunya dalam hal berbelanja. Kemajuan ini membuat proses pembelian produk lebih mudah dan praktis. Namun, kemudahan ini juga dapat berdampak terhadap kenaikan perilaku konsumtif yang dapat membawa kerugian bagi individu dalam segi keuangan maupun emosional. Salah satu produk yang saat ini sedang digemari dan memicu perilaku konsumtif terutama pada kalangan wanita adalah produk kosmetik. Perilaku konsumtif dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satu hal yang diprediksi dapat mempengaruhi perilaku konsumtif adalah self-esteem. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara self-esteem dan perilaku konsumtif pembelian produk kosmetik secara online pada wanita dewasa awal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 336 partisipan yang diperoleh dengan menggunakan teknik convinience sampling. Hasil analisis data menggunakan korelasi Pearson menunjukkan hasil r(336) = .224 dan p = 0.000. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-esteem dan perilaku konsumtif pembelian produk kosmetik secara online pada wanita dewasa awal. Kesimpilannya, semakin tinggi tingkat self-esteem seseorang maka semakin tinggi pula tingkat perilaku konsumtif nya.Downloads
Published
2023-04-22
How to Cite
Valerie, A. ., & Risnawaty, W. . (2023). Hubungan Antara Self-Esteem dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Produk Kosmetik Secara Online pada Wanita Dewasa Awal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5041–5044. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14288
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Audrey Valerie, Widya Risnawaty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









