Pengaruh Permainan Tradisional Boi-Boinan Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Pada Siswa SD N 2 Hadipolo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14284Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya interaksi sosial siswa di SD N 2 Hadipolo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh positif permainan tradisional Boi-Boi nan terhadap peningkatan interaksi sosial siswa SD N 2 Hadipolo. Penelitian dilakukan di SD N 2 Hadipolo. Metode penelitian dengan menggunakan kuantitatif eksperimen one group pre-test and post-test design. Sampel penelitian ini berjumlah 10 siswa. Teknik penelitian ini yaitu pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi, dianalisis menggunakan uji-t paired sample t-test dengan uji prasyarat normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data memenuhi uji prasyarat dengan signifikansi normalitas 0,059 pada pre test dan 0,258 pada post test. Dapat diketahui bahwa nilai signifikan memperoleh 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan antara permainan tradisional Boi-boinan dengan peningkatan interaksi sosial. Sehingga ini menunjukkan bahwa permainan tradisional Boi-boinan dapat meningkatkan interaksi sosial pada siswa kelas III SD N 2 Hadipolo.Downloads
Published
2023-04-22
How to Cite
Khisma, F. A. ., Rondli, W. S. ., & Kuryanto, M. S. . (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Boi-Boinan Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Pada Siswa SD N 2 Hadipolo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5013–5020. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14284
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Futri Auliya Khisma, Wawan Shokib Rondli, Mohammad Syaffruddin Kuryanto
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).