Pengaruh Permainan Tradisional Boi-Boinan Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Pada Siswa SD N 2 Hadipolo

Authors

  • Futri Auliya Khisma Universitas Muria Kudus
  • Wawan Shokib Rondli Universitas Muria Kudus
  • Mohammad Syaffruddin Kuryanto Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14284

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya interaksi sosial siswa di SD N 2 Hadipolo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh positif permainan tradisional Boi-Boi nan terhadap peningkatan interaksi sosial siswa SD N 2 Hadipolo. Penelitian dilakukan di SD N 2 Hadipolo. Metode penelitian dengan  menggunakan kuantitatif eksperimen one group pre-test and post-test design. Sampel penelitian ini berjumlah 10 siswa. Teknik penelitian ini yaitu pengumpulan data tes, observasi, dan dokumentasi, dianalisis menggunakan uji-t paired sample t-test dengan uji prasyarat normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data memenuhi uji prasyarat dengan signifikansi normalitas 0,059 pada pre test dan 0,258 pada post test. Dapat diketahui bahwa nilai signifikan memperoleh 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh yang signifikan antara permainan tradisional Boi-boinan dengan peningkatan interaksi sosial. Sehingga ini menunjukkan bahwa permainan tradisional Boi-boinan dapat meningkatkan interaksi sosial pada siswa kelas III SD N 2 Hadipolo.

Downloads

Published

2023-04-22

How to Cite

Khisma, F. A. ., Rondli, W. S. ., & Kuryanto, M. S. . (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Boi-Boinan Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Pada Siswa SD N 2 Hadipolo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5013–5020. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14284