Penggunaan Model Proyek Belajar Karakter (PBK) dalam Pembelajaran Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP

Authors

  • Amelia Juanda Universitas Negeri Padang
  • Nursaid Nursaid Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14260

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model Proyek Belajar Karakter (PBK) dalam pembelajaran menulis teks diskusi dan menganalisis penggunaan proyek belajar karakter dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-analisis. Adapun populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas IX SMP Negeri 22 Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 sampel yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen utama yang digunakan adalah peneliti sendiri. Dalam penelitian ini juga menggunakan angke terbuka sebagai instrumen pendukung yang disebarkan kepada 31 orang sampel. Hasil peneliian ini menunjukkan bahwasannya penggunaan model proyek belajar karakter (PBK) dapat meningkatkan hasil kerja siswa dalam menulis teks diskusi. Peningkatan hasil tersebut dapat dilihat dari penggunaan struktur dan deretan proses yang ada pada teks karya siswa. Selain itu, penggunaan model ini juga dapat meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam melakukan pembelajaran menulis teks diskusi.

Downloads

Published

2023-04-20

How to Cite

Juanda, A. ., & Nursaid, N. (2023). Penggunaan Model Proyek Belajar Karakter (PBK) dalam Pembelajaran Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4862–4867. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14260