Penggunaan Model Proyek Belajar Karakter (PBK) dalam Pembelajaran Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14260Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model Proyek Belajar Karakter (PBK) dalam pembelajaran menulis teks diskusi dan menganalisis penggunaan proyek belajar karakter dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-analisis. Adapun populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas IX SMP Negeri 22 Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 sampel yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen utama yang digunakan adalah peneliti sendiri. Dalam penelitian ini juga menggunakan angke terbuka sebagai instrumen pendukung yang disebarkan kepada 31 orang sampel. Hasil peneliian ini menunjukkan bahwasannya penggunaan model proyek belajar karakter (PBK) dapat meningkatkan hasil kerja siswa dalam menulis teks diskusi. Peningkatan hasil tersebut dapat dilihat dari penggunaan struktur dan deretan proses yang ada pada teks karya siswa. Selain itu, penggunaan model ini juga dapat meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam melakukan pembelajaran menulis teks diskusi.Downloads
Published
2023-04-20
How to Cite
Juanda, A. ., & Nursaid, N. (2023). Penggunaan Model Proyek Belajar Karakter (PBK) dalam Pembelajaran Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4862–4867. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14260
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Amelia Juanda, Nursaid
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).