Peran Guru Bidang Studi Ilmu Sosial Dalam Menguatkan Pendidikan Karakter Terhadap Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14252Abstract
Generasi Z merupakan peserta didik yang lahir pada tahun 1996-2009. Generasi Z merupakan generasi yang mahir terhadap kemajuan teknologi. Pendidikan karakter wajib berjalan dengan pandangan kognitif, afektif, ataupun psikomotorik dalam menyiapkan generasi muda untuk keberlangsungan kehidupan warga serta bangsa yang lebih bagus di era depan. Tujuannya dilakukan penelitian ini adalah mengetahui peran guru Bidang Studi Ilmu Sosial dalam membentuk karakter peserta didik generasi Z. Keteladanan guru Bidang Studi Ilmu Sosial dalam membentuk karakter peserta didik generasi Z. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan kajian berbagai literature yang diperoleh sesuai dengan pokok bahasan. Hasil kajian pembahasan menunjukkan bahwa keteladanan guru dapat dilakukan oleh seluruh guru dalam pengembangan pendidikan karakter di sekolah, sebab apa yang dilakukan ialah cikal akan guru yang bisa digugu dan ditiru. Guru yang baik kehadirannya selalu dinantikan dan dirindukan oleh anak didiknya. Kesimpulan dari hasil kajian adalah bahwa keteladanan berbentuk tutur, tindakan, watak, serta performa buat diaplikasikan yang mempunyai akibat positif yang amat besar untuk kemajuan kepribadian partisipan ajar. Guru menjadi role model kepada peserta didik di dalam mengajarkan pendidikan karakter.Downloads
Published
2023-04-19
How to Cite
Sinulingga , A. N. ., Silaban , G. O. ., Sihombing , H. ., Zebua , M. ., Siagian, Y. M. P. ., Nainggolan, H. L. ., & Nababan, T. S. . (2023). Peran Guru Bidang Studi Ilmu Sosial Dalam Menguatkan Pendidikan Karakter Terhadap Generasi Z . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4833–4842. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14252
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Anni Novanta Sinulingga , Grevel Odes Silaban, Hendry Sihombing, Masrial Zebua, Yosua Marasi Parningotan Siagian , Hotden Leonardo Nainggolan, Tongam Sihol Nababan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).