Pengaruh Guided Inquiry Model Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pokok Bahasan Hukum Newton
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14250Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh guided inquiry model berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh guided inquiry model berbantuan media PhET terhadap keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan hukum Newton, (3) interaksi antara guided inquiry model berbantuan media PhET terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen menggunakan one-group pretest-posstest design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Manduamas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang terpilih menjadi kelas eksperimen yaitu kelas VIII-2 yang diterapkan guided inquiry model dan kelas kontrol yaitu kelas VIII-3 diterapkan conventional model learning, masing-masing kelas berjumlah 31 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan guided inquiry model berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa dengan nilai p-value 0,001 < 0,05; terdapat pengaruh yang signifikan guided inquiry model berbantuan media PhET terhadap keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan hukum Newton dengan nilai p- value 0,002 < 0,05. Guided inquiry model dengan media PhET berinteraksi dalam mempengaruhi hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa.Downloads
Published
2023-04-19
How to Cite
Sihombing, I. ., & Ginting, R. Y. M. . (2023). Pengaruh Guided Inquiry Model Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pokok Bahasan Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4818–4824. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14250
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ismadi Sihombing, Radina Yuni Mahesa Ginting
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).