Pengaruh Guided Inquiry Model Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pokok Bahasan Hukum Newton

Authors

  • Ismadi Sihombing STIKes Senior Medan
  • Radina Yuni Mahesa Ginting STIKes Senior Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh guided inquiry model berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh guided inquiry model berbantuan media PhET terhadap keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan hukum Newton, (3) interaksi antara guided inquiry model berbantuan media PhET terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen menggunakan one-group pretest-posstest design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Manduamas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang terpilih menjadi kelas eksperimen yaitu kelas VIII-2 yang diterapkan guided inquiry model dan kelas kontrol yaitu kelas VIII-3 diterapkan conventional model learning, masing-masing kelas berjumlah 31 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan guided inquiry model berbantuan media PhET terhadap hasil belajar siswa dengan nilai p-value 0,001 < 0,05; terdapat pengaruh yang signifikan guided inquiry model berbantuan media PhET terhadap keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan hukum Newton dengan nilai p- value 0,002 < 0,05. Guided inquiry model dengan media PhET berinteraksi dalam mempengaruhi hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Sihombing, I. ., & Ginting, R. Y. M. . (2023). Pengaruh Guided Inquiry Model Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pokok Bahasan Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4818–4824. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14250