Profil Perilaku Religius Siswa dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Kehidupan Beragama

Authors

  • Agnes Beata Lewomuda Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Maria Erlinda Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Wens Nagul Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Stefanus Lio Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14248

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil perilaku religius siswa dan implikasinya terhadap program bimbingan kehidupan beragama. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas XII IIS 2 SMA Negeri 2 Tasifeto Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Alat pengumpulan data berupa angket perilaku religius. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kecenderungan pusat. Hasil penelitian menunjukkan profil perilaku religius siswa berada pada skor rata-rata 172,32 (kategori baik). Sementara hasil analisis setiap aspek menunjukkan bahwa aspek keyakinan berada pada skor rata-rata 36 (kategori baik), aspek peribadatan atau praktek agama berada pada skor rata-rata 33,30 (kategori baik), aspek feeling atau penghayatan berada pada skor rata-rata 31,73 (kategori baik), aspek pengetahuan agama berada pada skor rata-rata 30,217 (kategori sangat baik), dan aspek effect atau pengamalan berada pada skor rata-rata 41,108 (kategori baik). Upaya untuk meningkatkan perilaku religius siswa tetap diberikan oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah yakni melalui pemberian layanan bimbingan dan konseling dalam bidang mental dan spiritual melalui bimbingan kehidupan beragama.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Lewomuda, A. B. ., Erlinda, M., Nagul, W. ., & Lio, S. (2023). Profil Perilaku Religius Siswa dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Kehidupan Beragama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5487–5494. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14248