Analisis Resepsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember terhadap Nilai-Nilai Islam dalam Iklan Pepsodent Siwak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14247Abstract
Dalam masyarakat kontemporer Indonesia, spiritualitas dan agama dapat digunakan untuk menciptakan identitas merek Islami. Untuk mempromosikan identitas yang dimaksud, pemasar menggunakan iklan untuk menjangkau audiens target mereka. Pepsodent, merupakan merek produk pasta gigi yang salah menggunakan identitas Islami sebagai bagian dari komunikasi strategis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana audiens Muslim menerima dakwah Islam yang digunakan oleh Pepsodent Siwak.. Untuk mempromosikan produk mereka, Pepsodent Siwak menganjurkan pentingnya menggunakan pembersih yang higienis sebagai bagian dari nilai-nilai Islam seseorang. Baiti Jannati (“Jalankan Sunnah”) adalah pesan utama dalam iklan tersebut. Dengan menggunakan analisis resepsi Stuart Hall, penelitian ini menemukan posisi membaca yang berbeda. Posisi membaca seperti itu dipengaruhi oleh pandangan khalayak terhadap pesan nilai-nilai Islam. Interpretasi partisipan terhadap pesan dakwah dalam iklan Pepsodent Siwak ditemukan dominan. Dengan demikian, menggunakan pesan Islami dalam iklan merupakan salah satu cara untuk melibatkan konsumen dan mendorong mereka untuk membeli produk di dalamnya.Downloads
Published
2023-04-19
How to Cite
Wisudawan, A. . (2023). Analisis Resepsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember terhadap Nilai-Nilai Islam dalam Iklan Pepsodent Siwak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4798–4808. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14247
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Angga Wisudawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









