Analisis Resepsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember terhadap Nilai-Nilai Islam dalam Iklan Pepsodent Siwak

Authors

  • Angga Wisudawan Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14247

Abstract

Dalam masyarakat kontemporer Indonesia, spiritualitas dan agama dapat digunakan untuk menciptakan identitas merek Islami. Untuk mempromosikan identitas yang dimaksud, pemasar menggunakan iklan untuk menjangkau audiens target mereka. Pepsodent, merupakan merek produk pasta gigi yang salah menggunakan identitas Islami sebagai bagian dari komunikasi strategis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana audiens Muslim menerima dakwah Islam yang digunakan oleh Pepsodent Siwak.. Untuk mempromosikan produk mereka, Pepsodent Siwak menganjurkan pentingnya menggunakan pembersih yang higienis sebagai bagian dari nilai-nilai Islam seseorang. Baiti Jannati (“Jalankan Sunnah”) adalah pesan utama dalam iklan tersebut. Dengan menggunakan analisis resepsi Stuart Hall, penelitian ini menemukan posisi membaca yang berbeda. Posisi membaca seperti itu dipengaruhi oleh pandangan khalayak terhadap pesan nilai-nilai Islam. Interpretasi partisipan terhadap pesan dakwah dalam iklan Pepsodent Siwak ditemukan dominan. Dengan demikian, menggunakan pesan Islami dalam iklan merupakan salah satu cara untuk melibatkan konsumen dan mendorong mereka untuk membeli produk di dalamnya.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Wisudawan, A. . (2023). Analisis Resepsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember terhadap Nilai-Nilai Islam dalam Iklan Pepsodent Siwak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4798–4808. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14247