Aplikasi Tiktok: Media Pengumpulan Tugas Pembelajaran Seni Musik Mahasiswa PGSD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14208Abstract
Meningkatkan minat belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran seni music, khusunya mengumpulkan tugas praktik yang kurang optimal menjadi perhatian penulis pasca covid 19. Pembelajaran Seni Musik tentunya bersifat praktikal yang membutuhkan waktu untuk sering latihan diluar jam perkuliahan agar mahasiswa terampil. Dengan memberikan tugas merupakan salah satu cara agar mahasiswa berlatih, namun tugas yang dikumpulkan kurang optimal dalam proses penilaian. Penulis mencari solusi agar mahasiswa dapat latihan dengan maksimal dengan kesadaran sendiri, yaitu pengumpulan tugas menggunakan media aplikasi tiktok. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan analisis deskriptif, yang dilakukan pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah pembelajaran seni musik di Fakultas PGSD. Dengan menggunakan aplikasi tiktok sebagai media pengumpulan tugas memiliki dampak positif terhadap antusias mahasiswa menampilkan yang terbaik dalam bentuk video untuk diupload melalui aplikasi tiktok. Secara tidak langsung mahasiswa akan berlatih semaksimal mungkin untuk mengurangi tingkat kesalahan pada saat perekaman video berlangsung. Mahasiswa termotivasi sendiri untuk mendapatkan views dan likes dari penonton tiktok karena dapat meningkatkan eksistensi mereka dikalangan milenial.Downloads
Published
2023-04-18
How to Cite
Samosir , H. T. . (2023). Aplikasi Tiktok: Media Pengumpulan Tugas Pembelajaran Seni Musik Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4690–4697. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14208
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Hendro T.G Samosir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).