Aplikasi Tiktok: Media Pengumpulan Tugas Pembelajaran Seni Musik Mahasiswa PGSD

Authors

  • Hendro T.G Samosir Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14208

Abstract

Meningkatkan minat belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran seni music, khusunya mengumpulkan tugas praktik yang kurang optimal menjadi perhatian penulis pasca covid 19. Pembelajaran Seni Musik tentunya bersifat praktikal yang membutuhkan waktu untuk sering latihan diluar jam perkuliahan agar mahasiswa terampil. Dengan memberikan tugas merupakan salah satu cara agar mahasiswa berlatih, namun tugas yang dikumpulkan kurang optimal dalam proses penilaian. Penulis mencari solusi agar mahasiswa dapat latihan dengan maksimal dengan kesadaran sendiri, yaitu pengumpulan tugas menggunakan media aplikasi tiktok. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan analisis deskriptif, yang dilakukan pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah pembelajaran seni musik di Fakultas PGSD. Dengan menggunakan aplikasi tiktok sebagai media pengumpulan tugas memiliki dampak positif terhadap antusias mahasiswa menampilkan yang terbaik dalam bentuk video untuk diupload melalui aplikasi tiktok. Secara tidak langsung mahasiswa akan berlatih semaksimal mungkin untuk mengurangi tingkat kesalahan pada saat perekaman video berlangsung. Mahasiswa termotivasi sendiri untuk mendapatkan views dan likes dari penonton tiktok karena dapat meningkatkan eksistensi mereka dikalangan milenial.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Samosir , H. T. . (2023). Aplikasi Tiktok: Media Pengumpulan Tugas Pembelajaran Seni Musik Mahasiswa PGSD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4690–4697. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14208