Optimalisasi Peran Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Pada Masa Transisi Covid-19 di MTSN 6 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14153Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menganalisa perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi supervisi akademik, pelaksanaan supervisi manajerial, dan untuk memaparkan dan menganalisa faktor pendukung dan penghambat peran pengawas dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI pada masa Covid-19 di MTsN 6 Kota Padang.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan hal-hal yang diteliti sebagaimana adanya. Subjek penelitian adalah pengawas Madrasah yang ditunjuk dan di-SK-an oleh Kantor Kementerian Agama Kota Padang untuk membina MTsN 6 Kota Padang, Kepala MTsN 6 Kota Padang, dan Guru-guru MTsN 6 Kota Padang.Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan teori analisis data Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Untuk menguji dan memeriksa keabsahan data peneliti melakukan uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability, agar data dalam penelitian kualitatif ini dapat dipertanggungjawabkan sebagai penelitian ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi supervisi akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI pada masa transisi Covid-19 di MTsN 6 Kota Padang tidak mengacu kepada Panduan Kerja Pengawas Madrasah Pada Masa Covid-19 yang telah dirancang Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Perencanaan pengawas yang dirancang hanya sekedar menyesuaikan dengan kondisi pembelajaran yang berjalan.Pelaksanaan supervisi manajerial dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI pada masa transisi Covid-19 di MTsN 6 Kota Padang dilaksanakan dalam bentuk tatap muka. Sebab seluruh guru MTsN 6 Kota Padang yang bertugas tetap hadir ke MTsN 6 Kota Padang. Supervisi manajerial menitikberatkan pada aspek-aspek pengelolaan dan administrasi madrasah, sedangkan supervisi akademik menitikberatkan pada kegiatan akademik. Faktor pendukung peran pengawas dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI pada masa transisi Covid-19 di MTsN 6 Kota Padang adalah adanya respon positif dari pihak madrasah, sedangkan yang menjadi faktor penghambat peran pengawas adalah adanya persepsi negatif para guru terhadap pengawas. Guru menganggap kedatangan pengawas ke madrasah hanya untuk menghakimi. Hubungan guru dengan pengawas madrasah masih bersifat hubungan atasan dan bawahan, bukan hubungan sebagai partner kerja. Faktor lain yang menghambat peran pengawasan adalah lemahnya kemampuan IT yang dimiliki pengawas madrasah.Downloads
Published
2023-04-17
How to Cite
Zainab, Z. (2023). Optimalisasi Peran Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Pada Masa Transisi Covid-19 di MTSN 6 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4516–4522. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14153
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Zainab

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









