Optimalisasi Peran Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Pada Masa Transisi Covid-19 di MTSN 6 Kota Padang

Authors

  • Zainab Zainab Kementrian Agama Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14153

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menganalisa perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi supervisi akademik, pelaksanaan supervisi manajerial, dan untuk memaparkan dan menganalisa faktor pendukung dan penghambat peran pengawas dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI pada masa Covid-19 di MTsN 6 Kota Padang.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan hal-hal yang diteliti sebagaimana adanya. Subjek penelitian adalah pengawas Madrasah yang ditunjuk dan di-SK-an oleh Kantor Kementerian Agama Kota Padang untuk membina MTsN 6 Kota Padang, Kepala MTsN 6 Kota Padang, dan Guru-guru MTsN 6 Kota Padang.Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan teori analisis data Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Untuk menguji dan memeriksa keabsahan data peneliti melakukan uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability, agar data dalam penelitian kualitatif ini dapat dipertanggungjawabkan sebagai penelitian ilmiah.  Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi supervisi akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI pada masa transisi Covid-19 di MTsN 6 Kota Padang tidak mengacu kepada Panduan Kerja Pengawas Madrasah Pada Masa Covid-19 yang telah dirancang Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Perencanaan pengawas yang dirancang hanya sekedar menyesuaikan dengan kondisi pembelajaran yang berjalan.Pelaksanaan supervisi manajerial dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI pada masa transisi Covid-19 di MTsN 6 Kota Padang dilaksanakan dalam bentuk tatap muka. Sebab seluruh guru MTsN 6 Kota Padang yang bertugas tetap hadir ke MTsN 6 Kota Padang. Supervisi manajerial menitikberatkan pada aspek-aspek pengelolaan dan administrasi madrasah, sedangkan supervisi akademik menitikberatkan pada kegiatan akademik. Faktor pendukung peran pengawas dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI pada masa transisi Covid-19 di MTsN 6 Kota Padang adalah adanya respon positif dari pihak madrasah, sedangkan yang menjadi faktor penghambat peran pengawas adalah adanya persepsi negatif para guru terhadap pengawas. Guru menganggap kedatangan pengawas ke madrasah hanya untuk menghakimi. Hubungan guru dengan pengawas madrasah masih bersifat hubungan atasan dan bawahan, bukan hubungan sebagai partner kerja. Faktor lain yang menghambat peran pengawasan adalah lemahnya kemampuan IT yang dimiliki pengawas madrasah.

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Zainab, Z. (2023). Optimalisasi Peran Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Pada Masa Transisi Covid-19 di MTSN 6 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4516–4522. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14153