Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Melalui Metode Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) Pada Siswa Kelas XI PK 1 MAN 2 Kota Padang

Authors

  • Risda Hanum MAN 2 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14151

Abstract

Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas XI PK 1 MAN 2  Kota Padang ditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih melalui Metode Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran)  di Kelas XI PK 1 MAN 2  Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 34 orang peserta didik  Kelas XI PK 1 MAN 2  Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran)  dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih di MAN 2  Kota Padang . Hasil belajar siswa  dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63,15 (Cukup) meningkat menjadi  85,09 (Baik) dengan peningkatan sebesar 21,94%.

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Hanum, R. . (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fiqih Melalui Metode Pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) Pada Siswa Kelas XI PK 1 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4510–4515. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14151