Peningkatan Ketrampilan Bertanya Siswa Kelas X IPS 1 MAN 2 Kota Padang Melalui Layanan Penguasaan Konten Keterampilan Bertanya

Authors

  • Peragulowati Peragulowati MAN 2 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14122

Abstract

Berdasarkan pengamatan keterampilan bertanya siswa Kelas X IPS-1 MAN 2 Kota Padang masih rendah. Rata-rata aktivitas siswa bertanya masih tidak sesuai dengan harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan bertanya siswa kelas Kelas X IPA-2 MAN 2 Kota Padang melalui layanan penguasaan konten ketrampilan bertanya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 MAN 2 Kota  dengan jumlah siswa dimana 12 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan semester 2 tahun ajaran 2019/2020 selama satu bulan dengan beberapa pertemuan untuk beberapa siklus. Penelitian ini akan dilakukan di kelas X IPS 1 MAN 2 Kota Padang. Teknik analisis data hasil belajar siswa dalam pembelajaran adalah persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Aktivitas bertanya siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari peningkatan siklus I dan silus II yaitu pada siklus I hanya 3 orang siswa yang memiliki keterampilan bertanya baik sekali, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 13 orang siswa. Untuk kategori baik pada sisklus I hanya 5 orang siswa, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 10 orang siswa. Selanjutnya pada kategori cukup pada siklus I hanya 5 orang siswa sedangkan pada siklus II menjadi 7 orang siswa, sedangkan untuk kategori kurang pada siklus II menurun, yaitu hanya 4 orang siswa yang kurang terampil dalam bertanya, dari siklus I sebanyak 21 orang siswa.

Downloads

Published

2023-04-16

How to Cite

Peragulowati, P. (2023). Peningkatan Ketrampilan Bertanya Siswa Kelas X IPS 1 MAN 2 Kota Padang Melalui Layanan Penguasaan Konten Keterampilan Bertanya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4448–4456. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14122