Peningkatan Ketrampilan Bertanya Siswa Kelas X IPS 1 MAN 2 Kota Padang Melalui Layanan Penguasaan Konten Keterampilan Bertanya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14122Abstract
Berdasarkan pengamatan keterampilan bertanya siswa Kelas X IPS-1 MAN 2 Kota Padang masih rendah. Rata-rata aktivitas siswa bertanya masih tidak sesuai dengan harapan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan bertanya siswa kelas Kelas X IPA-2 MAN 2 Kota Padang melalui layanan penguasaan konten ketrampilan bertanya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 MAN 2 Kota dengan jumlah siswa dimana 12 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan semester 2 tahun ajaran 2019/2020 selama satu bulan dengan beberapa pertemuan untuk beberapa siklus. Penelitian ini akan dilakukan di kelas X IPS 1 MAN 2 Kota Padang. Teknik analisis data hasil belajar siswa dalam pembelajaran adalah persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Aktivitas bertanya siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari peningkatan siklus I dan silus II yaitu pada siklus I hanya 3 orang siswa yang memiliki keterampilan bertanya baik sekali, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 13 orang siswa. Untuk kategori baik pada sisklus I hanya 5 orang siswa, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 10 orang siswa. Selanjutnya pada kategori cukup pada siklus I hanya 5 orang siswa sedangkan pada siklus II menjadi 7 orang siswa, sedangkan untuk kategori kurang pada siklus II menurun, yaitu hanya 4 orang siswa yang kurang terampil dalam bertanya, dari siklus I sebanyak 21 orang siswa.Downloads
Published
2023-04-16
How to Cite
Peragulowati, P. (2023). Peningkatan Ketrampilan Bertanya Siswa Kelas X IPS 1 MAN 2 Kota Padang Melalui Layanan Penguasaan Konten Keterampilan Bertanya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4448–4456. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14122
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Peragulowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









