Profil Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Pembiasaan Siswa Di SD Karangrejo 01
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14094Abstract
Sekolah dasar salah satu tempat dimana anak dapat memiliki pengetahuan dan pendidikan karakternya, pada proses perkembangannya pendidikan di Indonesia terlalu fokus dengan pengetahuan dan mengesampingkan pendidikan karakter, saat ini pemerintah sedang gencar menerapkan sekolah berkarkater dimana dalam sekolah tersebut menerapkan proses pembentukan karakter perserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembentukan karakter siswa dalam pembiasaan pagi yang diterapkan di sekolah. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertempat di SD Karngrejo 01 Kota Semarang dengan subjek penelitian wali kelas dan siswa kelas 1. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh bahwa pembiasaan pagi dapat meningkatkan karakter siswa, pembiasaan pagi seperti pembacaan asmaul husna, literasi dan jugasenam pagi memiliki pendidikan karakter bagi siswa seperti sikap jujur, disiplin, toleransi, tanggung jawab, tepat waktuDownloads
Published
2023-04-15
How to Cite
Islami, R. Y. ., Siswanto, J., Agustini, F., & Indriastuti, P. (2023). Profil Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Pembiasaan Siswa Di SD Karangrejo 01 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4403–4408. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14094
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rika Yaitul Islami, Joko Siswanto, Ferina Agustini, Pramesti Indriastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









