Profil Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Pembiasaan Siswa Di SD Karangrejo 01

Authors

  • Rika Yaitul Islami Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Universitas PGRI Semarang
  • Ferina Agustini Universitas PGRI Semarang
  • Pramesti Indriastuti SD Karangrejo 01 Kota Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14094

Abstract

Sekolah dasar salah satu tempat dimana anak dapat memiliki pengetahuan dan pendidikan karakternya, pada proses perkembangannya pendidikan di Indonesia terlalu fokus dengan pengetahuan dan mengesampingkan pendidikan karakter, saat ini pemerintah sedang gencar menerapkan sekolah berkarkater dimana dalam sekolah tersebut menerapkan proses pembentukan karakter perserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembentukan karakter siswa dalam pembiasaan pagi yang diterapkan di sekolah. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertempat di SD Karngrejo 01 Kota Semarang dengan subjek penelitian wali kelas dan siswa kelas 1. Penelitian ini menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh bahwa pembiasaan pagi dapat meningkatkan karakter siswa, pembiasaan pagi seperti pembacaan asmaul husna, literasi dan jugasenam pagi memiliki pendidikan karakter bagi siswa seperti sikap jujur, disiplin, toleransi, tanggung jawab, tepat waktu

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Islami, R. Y. ., Siswanto, J., Agustini, F., & Indriastuti, P. (2023). Profil Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Pembiasaan Siswa Di SD Karangrejo 01 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4403–4408. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14094