Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Time Token Pada Siswa Kelas XI IPA.5 MAN 2 Kota Padang

Authors

  • Nurmainar Nurmainar MAN 2 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14091

Abstract

Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas XI IPA.5 MAN 2 Kota Padang dalam mata pelajaran Matematika ditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika masih rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika melalui Model pembelajaran Time Token  di Kelas XI IPA.5 MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 31 orang peserta didik  Kelas XI IPA.5 MAN 2 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika di MAN 2 Kota Padang . Hasil belajar siswa  dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 52.77 (Cukup) meningkat menjadi 84.26 (Baik) dengan peningkatan sebesar 31.49%.

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Nurmainar, N. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Time Token Pada Siswa Kelas XI IPA.5 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4375–4381. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14091