Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Pada Siswa KeLAS XI IPA-2 MAN 3 Kota Padang

Authors

  • Linda Efita Roza MAN 3 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14089

Abstract

Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas XI IPA-2 MAN 3 Kota Padang dalam mata Pelajaran Biologi ditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran Biologi masih rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran Biologi melalui Model Pembelajaran Artikulasi di Kelas XI IPA-2 MAN 3 Kota Padang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 37 orang peserta didik  Kelas XI IPA-2 MAN 3 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran Biologi MAN 3 Kota Padang. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 69.22% (Cukup) meningkat menjadi  84.70% (Baik) dengan peningkatan sebesar 15.48%.

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Roza , L. E. . (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Pada Siswa KeLAS XI IPA-2 MAN 3 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4363–4368. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14089