Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Take And Give Pada Siswa Kelas XI IPA-1 MAN 3 Kota Padang

Authors

  • Rina Hasnur MAN 3 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14088

Abstract

Berdasarkan hasil belajar siswa Kelas XI IPA-1 MAN 3 Kota Padang dalam mata pelajaran Matematika ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa masih berada di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Take And Give di Kelas XI IPA-1 MAN 3 Kota Padang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 27 Orang peserta didik  Kelas XI IPA-1 MAN 3 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan ulangan harian. Data dianalisis dengan menggunakan persentase.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Take And Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika di MAN 3 Kota Padang. Hasil belajar siswa  dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 60.28 (Cukup) meningkat menjadi  83.41 (baik) dengan peningkatan sebesar 23.26%.

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Hasnur , R. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Take And Give Pada Siswa Kelas XI IPA-1 MAN 3 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4356–4362. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14088