Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Melalui Kegiatan Pembuatan Keripik Bonggol Pisang di SMP IT Insan Taqwa Lampung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14054Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan keripik bonggol pisang yang bertujuan untuk membentuk jiwa kewirausahaan siswa dan diharapkan terciptanya sikap gotong royong, kreatif dan bernalar kritis agar profil pelajar pancasila yang diinginkan dapat direalisasikan dengan baik. Pada tahapan penelitian ini meliputi persiapan persiapan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, refleksi serta tindak lanjut kegiatan. Melalui penelitian ini dapat dinyatakan bahwa projek yang telah dilakukan memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan motivasi, minat serta kreativitas siswa SMP IT Insan Taqwa Lampung dalam rangka meningkatkan jiwa kewirausahaan. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukan bahwa tahapan perkembangan siswa SMP IT Insan Taqwa Lampung sudah cukup baik dari mulai tahapan sedang berkembang dan berkembang sesuai harapan. Pada Sub dimensi kerjasama untuk yang sudah berkembang sesuai harapan pada kelas 7A 73, 3 % dan kelas 7B 43,3 %.Pada sub dimensi komunikasi untuk mencapai tujuan bersama kelas 7A yakni 43,3 % dan kelas 7B sebesar 43,3 %, dalam hal sub dimensi menunjukkan inisiatif dan bekerja secara tim pada kelas 7A yakni 70 % dan kelas 7B sebesar 20 %, Pada sub dimensi mengajukan pertanyaan yang relevan dikelas 7A yakni 36,6 % berkembang sesuai harapan dan di kelas 7B sebesar 53,3 %.Downloads
Published
2023-04-14
How to Cite
Nurkholis, N. (2023). Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Melalui Kegiatan Pembuatan Keripik Bonggol Pisang di SMP IT Insan Taqwa Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4277–4283. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14054
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nurkholis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









