Hubungan Kecanduan Gadget Dengan Kualitas Tidur Pada Murid Smp Sma Hillcrest School Selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Keith William Tanzil Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Naomi Esthernita Fauzia Dewanto Universitas Tarumanagara Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14049

Abstract

Gadget merupakan perangkat elektronik yang memiliki fungsi khusus. Beberapa contoh gadget adalah smartphone dan laptop. Dengan adanya beragam aplikasi yang berada dalam gadget bisa membantu masyarakat di berbagai aspek sebagai alat komunikasi ataupun sebagai sarana informasi tambahan. Namun, penggunaan berlebihan bisa mengakibatkan ketergantungan atau kecanduan terhadap gadget tersebut. Kecanduan gadget memiliki dampak buruk seperti sulit untuk konsentrasi, masalah memori, dan mempengaruhi pola tidur. Pola tidur adalah salah satu dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi kualitas tidur dimana seharusnya kualitas tidur harus dijaga dengan baik khususnya bagi anak-anak atau remaja yang masih dalam tahap pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan gadget dengan kualitas tidur pada murid SMP dan SMA Hillcrest School. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 72 murid, dimana 65,3% memiliki kualitas tidur yang buruk dan 34,7% memiliki kualitas tidur yang baik. Sebanyak 31,9% murid dengan kualitas tidur buruk didapatkan kecanduan gadget sedangkan 100,0% dengan kualitas tidur yang baik itu tidak kecanduan gadget. Hasil penelitian di uji dengan Fisher’s exact menunjukan terdapat hubungan bermakna antara kecanduan gadget dengan kualitas tidur (p < 0,05). Sebagai kesimpulan, penelitian ini memperlihatkan terdapat hubungan antara kecanduan gadget dengan kualitas tidur pada murid SMP dan SMA Hillcrest School.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Tanzil, . K. W. ., & Dewanto, N. E. F. (2023). Hubungan Kecanduan Gadget Dengan Kualitas Tidur Pada Murid Smp Sma Hillcrest School Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4245–4261. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14049