Efektivitas Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14034Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar Bahasa Indonesia. Perpustakaan sebagai sarana yang ada di sekolah kadang masih belum dimanfaatkan secara efektif, salah satu faktornya adalah tenaga pengajar yang kurang memanfaatkan perpustakaan tersebut. Penelitian ini memfokuskan pada konsep puisi dalam materi puisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretest dan post test. Metode penelitian ini menggunakan Experiment dengan desain Quasi Experimental Design. Berdasarkan hasil penelitian, besarnya nilai rata rata metode konvensional berbantu perpustakaan sebesar 7,18 sedangkan nilai rata rata metode konvensional 6,18. Penerapan metode pembelajaran konvensional berbantu perpustakaan lebih efektif dibanding dengan penerapan metode konvensional dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajarnya serta dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik khususnya konsep puisi. Dari hasil data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa sumber belajar melalui pemanfaatan perpustakaan lebih efektif dibanding pembelajaran secara konvensional, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2023-04-14
How to Cite
Dewangga, . F. M. ., & Setyaningtyas, E. W. . (2023). Efektivitas Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4201–4208. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14034
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Firdaus Muhammad Dewangga, Eunice Widyanti Setyaningtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









