Efektivitas Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia

Authors

  • Firdaus Muhammad Dewangga Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Eunice Widyanti Setyaningtyas Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14034

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar Bahasa Indonesia. Perpustakaan sebagai sarana yang ada di sekolah kadang masih belum dimanfaatkan secara efektif, salah satu faktornya adalah tenaga pengajar yang kurang memanfaatkan perpustakaan tersebut. Penelitian ini memfokuskan pada konsep puisi dalam materi puisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretest dan post test.  Metode penelitian ini menggunakan Experiment dengan desain Quasi Experimental Design. Berdasarkan hasil penelitian, besarnya nilai rata rata metode konvensional berbantu perpustakaan sebesar 7,18 sedangkan nilai rata rata metode konvensional 6,18. Penerapan metode pembelajaran konvensional berbantu perpustakaan lebih efektif dibanding dengan penerapan metode konvensional dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajarnya serta dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik khususnya konsep puisi. Dari hasil data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa sumber belajar melalui pemanfaatan perpustakaan lebih efektif dibanding pembelajaran secara konvensional, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Dewangga, . F. M. ., & Setyaningtyas, E. W. . (2023). Efektivitas Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4201–4208. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14034