Mading “Rucika” Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V SDN Tambakaji 05 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13938Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) mengetahui peningkatan minat baca siswa melalui Program Majalah Dinding Rucika di SDN Tambakaji 05, (2) mengetahui dampak positif dari program Mading Rucika terhadap peningkatan minat baca siswa di SDN Tambakaji 05. Penelitian ini adalah penelitian deskripti komparatif. Data diperoleh dengan observasi dan pengisian angket. Subjek yang diambil yaitu siswa kelas V SDN Tambakaji 05. Dalam pengambilan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu 1) dengan adanya program Mading Rucika di SDN Tambakaji 05 dapat meningkatkan minat baca siswa kelas V SDN Tambakaji 05, hal ini dilihat dari hasil analisis data dari angket yang telah diisi siswa menunjukkan dari tiga aspek yaitu aspek perasaan pada saat membaca, perhatian dalam membaca, dan partisipasi dalam membaca menunjukkan adanya peningkatan minat baca siswa. Pada sebelum adanya program Mading Rucika hasil penilaian minat baca . Pada aspek kedua pada awal penilaian hanya 39,2% siswa memilih tertarik sedangkan pada penilaian kedua sebanyak 89,2% siswa memilih tertarik, sedangkan untuk aspek ketiga pada awal penilaian hanya 39,2% siswa memilih tertarik untuk meluangkan waktu untuk membaca, sedangkan pada penilaian kedua setelah adanya program Mading Rucika didapat hasil sebanyak 71,4% siswa memilih tertarik meluangkan waktu untuk membaca.Downloads
Published
2023-04-13
How to Cite
Kanastren, O. R. . (2023). Mading “Rucika” Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V SDN Tambakaji 05 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4182–4191. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13938
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Oktavera Riri Kanastren Oktavera

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









