Pengaruh Metode Pembelajaran Visual Storytelling Versus Metode Pembelajaran Sq3r Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas 3 SDN Anggaswangi 1 dan SDN Anggaswangi 2 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13933Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami pembelajaran, salah satunya melalui literasi. Hal ini dikarenakan literasi merupakan kemampuan awal yang harus dimiliki oleh setiap individu untuk menjalani kehidupan di masa depan, termasuk literasi membaca dan menulis. Pembelajaran literasi akan mendapatkan hasil yang optimal jika diberikan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode storytelling dan SQ3R yang digunakan berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan Literasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode eksperimen. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN Anggaswangi 1 yang berjumlah 39 siswa dan siswa kelas 3 SDN Anggaswangi 2 yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes hasil belajar dan angket motivasi belajar.Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan metode pembelajaran visual storytelling versus SQ3R dan perbedaan antara siswa yang memiliki motivasi rendah dan motivasi tinggi terhadap keterampilan literasi siswa kelas 3 SDN Angaswangi 1 dan SDN Angaswangi 2 Sidoarjo. Pengaruh interaksi juga terjadi antara metode pembelajaran visual storytelling versus SQ3R dan motivasi belajar terhadap keterampilan literasi siswa kelas 3.Downloads
Published
2023-04-11
How to Cite
Tasu’ah, T., Leksono, I. P., & Rusmawati, R. D. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Visual Storytelling Versus Metode Pembelajaran Sq3r Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kelas 3 SDN Anggaswangi 1 dan SDN Anggaswangi 2 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3898–3903. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13933
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Tasu'ah Tasu'ah, Ibut Priono Leksono, Retno Danu Rusmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).