Pembelajaran Body Percussion dengan Menggunakan Metode Eurhythmics Dalcroze di Sekolah Dasar

Authors

  • Mastri Sagala Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13932

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas pembelajaran body percussion yang dilakukan pada peserta didik Sekolah Dasar. Permasalahan muncul ketika terjadi wabah covid 19 dimana pembelajaran harus dilakukan secara daring. Pembelajaran body percussion dipilih karena peserta didik tidak perlu memiliki alat musik konvensional. Pembelajaran body percussion dengan pola ritmik yang sederhana dapat menjadi salah satu pembelajaran untuk meningkatkan musikalitas bagi peserta didik Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada SDK Bina Bakti Bandung terhadap peserta didik kelas III Sekolah Dasar semester II. Data diperoleh dari pengamatan dan dokumentasi pada setiap proses persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Pembelajaran body percussion menggunakan metode eurhytmics dalcroze yang mempelajari musik dengan melibatkan gerakan. Hasil penelitian ini akan menggambarkan bahwa pembelajaran body percussion dapat dilakukan bukan hanya oleh peserta didik yang memiliki bakat musik, melainkan juga seluruh peserta didik. Metode eurhytmics dalcroze dapat diimplementasikan dengan menyesuaikan karakteristik anak SD.  Pembelajaran body percussion bagi peserta didik Sekolah Dasar tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan musikal, melainkan juga melatih kemandirian serta gerak motorik pada peserta didik.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Sagala, M. (2023). Pembelajaran Body Percussion dengan Menggunakan Metode Eurhythmics Dalcroze di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4050–4056. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13932