Pembelajaran Body Percussion dengan Menggunakan Metode Eurhythmics Dalcroze di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13932Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas pembelajaran body percussion yang dilakukan pada peserta didik Sekolah Dasar. Permasalahan muncul ketika terjadi wabah covid 19 dimana pembelajaran harus dilakukan secara daring. Pembelajaran body percussion dipilih karena peserta didik tidak perlu memiliki alat musik konvensional. Pembelajaran body percussion dengan pola ritmik yang sederhana dapat menjadi salah satu pembelajaran untuk meningkatkan musikalitas bagi peserta didik Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada SDK Bina Bakti Bandung terhadap peserta didik kelas III Sekolah Dasar semester II. Data diperoleh dari pengamatan dan dokumentasi pada setiap proses persiapan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Pembelajaran body percussion menggunakan metode eurhytmics dalcroze yang mempelajari musik dengan melibatkan gerakan. Hasil penelitian ini akan menggambarkan bahwa pembelajaran body percussion dapat dilakukan bukan hanya oleh peserta didik yang memiliki bakat musik, melainkan juga seluruh peserta didik. Metode eurhytmics dalcroze dapat diimplementasikan dengan menyesuaikan karakteristik anak SD. Pembelajaran body percussion bagi peserta didik Sekolah Dasar tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan musikal, melainkan juga melatih kemandirian serta gerak motorik pada peserta didik.Downloads
Published
2023-04-11
How to Cite
Sagala, M. (2023). Pembelajaran Body Percussion dengan Menggunakan Metode Eurhythmics Dalcroze di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4050–4056. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13932
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mastri Sagala

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









