Peningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Prakarya Melalui Penerapan Project Based Learning di Kelas XII PK 2 MAN 2 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13917Abstract
Project Based Learning merupakan model pembelajaran berbasis kepada siswa. Model pembeljaran project based learning ini dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Model project based leraning melibatkan peserat didik secara aktif dalam merencanakan pembelajaran yang akan dipelajari. Khusunya pada mata pelajaran prakarya peserta didik diminta untuk secara aktif merencanakan project yang akan menjadi karya bagi proses pembeljaran mereka. Berdasarkan proses pembelajaran peserta didik kelas XII PK 2 MAN 2 Kota Padang dalam pembelajaran prakarya ditemukan bahwa minat peserta didik dalam pembelajaran prakarya masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang peningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran prakarya melalui penerapan project based learning di kelas XII PK 2 MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 33 orang peserta didik dikelas XII PK 2 MAN 2 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaan project based learning dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran prakarya dikelas XII PK 2 MAN 2 Kota Padang. Minat belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Minat belajar peserta didik pada siklus I pertemuan pertama adalah 67,73 (cukup) meningkat menjadi 70,10 pada pertemuan kedua dan pada siklus II pertemuan 3 minat belajar siswa adalah 73,10 meningkat menjadi 75,27 pada pertemuan ke empat.Downloads
Published
2023-04-10
How to Cite
Fitri, Y. . (2023). Peningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Prakarya Melalui Penerapan Project Based Learning di Kelas XII PK 2 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3802–3808. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13917
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yuni Fitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









