Is ChatGPT Dangerous for Lecturer Profession? An In-depth Analysis

Authors

  • Abu Muna Almaududi Ausat Universitas Subang
  • Suherlan Suherlan Universitas Subang
  • Hizbul Khootimah Azzaakiyyah Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13878

Abstract

Saat ini teknologi berkembang pesat dan kemunculan teknologi ini tentu saja memberikan dampak besar pada berbagai bidang, termasuk di dunia pendidikan. Dosen menjadi salah satu profesi yang mungkin terdampak dengan kehadiran ChatGPT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana teknologi kecerdasan buatan dapat mempengaruhi pekerjaan dosen, serta bagaimana dosen dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang semakin maju. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi menyimak dan mencatat informasi penting untuk melakukan analisis data melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil studi menyimpulkan bahwa ChatGPT dapat memberikan dampak pada profesi dosen. ChatGPT dapat membantu dosen dalam beberapa hal, seperti menghasilkan teks awal dan mempercepat proses penulisan, namun pada saat yang sama dapat pula menimbulkan beberapa tantangan dan risiko. Dosen harus mempertahankan nilai-nilai inti profesi mereka dan tetap berperan aktif dalam memerangi tindakan kecurangan akademik yang dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi seperti ChatGPT.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Ausat, A. M. A. ., Suherlan, S., & Azzaakiyyah, H. K. . (2023). Is ChatGPT Dangerous for Lecturer Profession? An In-depth Analysis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3226–3229. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13878