Keselarasan Praktik Dalam Mata Kuliah Modul Nusantara Terhadap Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2

Authors

  • Eka Putri Saptari Wulan Universitas HKBP Nommensen
  • Tita Artasari Simanullang Universitas HKBP Nommensen
  • Verawaty Angelia Tambunan Universitas HKBP Nommensen
  • Santa Hoky Hutagalung Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13859

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keselarasan praktik kegiatan pertukaran mahasiswa merdeka melalui pembelajaran modul nusantara dalam meningkatkan wawasan Kebhinekaan dan toleransi dalam perbedaan agama, suku dan ras.  mahasiswa dalam melaksanakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Perubahan perkembangan pendidikan di era 4.0 menjadi konsep dalam Kampus Merdeka. Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan program pertukaran mahasiswa selama satu semester dari satu pulau ke pulau lainnya guna memberikan pengalaman kebhinekaan dan sIstem alih kredit maksimal sebanyak maksimal 20 sks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan pertukaran mahasiswa dalam mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian tentang kegiatan pertukaran mahasiswa mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yaitu: mahasiswa berkesempatan menjelajahi dan mengunjungi provinsi lain, mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di luar Perguruan tinggi asal, mahasiswa mampu menambah relasi, mahasiswa mampu mengenal dan memahami kebudayaan luar daerah, mahasiswa mampu meningkatkan kebhinekaan dan toleransi, serta mahasiswa mendapatkan konversi sks. Motivasi mahasiswa menjadi bagian dari terlaksananya dan suksesnya kegiatan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka selama ini.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Saptari Wulan, E. P. ., Simanullang, T. A. ., Tambunan, V. A. ., & Hutagalung, S. H. . (2023). Keselarasan Praktik Dalam Mata Kuliah Modul Nusantara Terhadap Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3169–3172. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13859