Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Menanam Biji Kacang Hijau Pada Anak Kelompok B TK Bhakti Manunggal Kraton

Authors

  • Theresia Supadmi Widyastuti Taman Kanak-Kanak Bhakti Manunggal, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13855

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan bercerita anak  Kelompok B TK Bhakti Manunggal Kraton Yogyakarta melalui kegiatan menanam biji kacang hijau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru TK Bhakti Manunggal Yogyakarta, dengan subyek yang diteliti  anak kelompok B Tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan  Metode Kualitatif dengan subyek penelitian anak anak TK kelompok B di TK Bhakti Manunggal  dengan usia antara 5-6 Thn.Metode pengumpulan data dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan observasi kemampuan bercerita instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan observasi kemampuan bercerita. Data diolah secara deskriptif kualitatif dengan sumber data anak kelompok B.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bercerita anak TK bisa dikembangkan melalui media gambar seri mananam biji kacang hijau. Hali ini ditunjukkan dengan hasil penelitian diperoleh data kemampuan anak bercerita lancar dengan melihat hasil gambar yang dibuatnya, lebih bisa konsentrasi, meningkat kosa katanya yang berdampak pada semakin lancarnya kemampuan berbicara anak. Kondisi awal kemampuan bercerita anak dapat disampaikan bahwa dari 15 anak didik di kelompok B TK Bhakti Manunggal, ada 13% yang mampu bercerita dengan baik.setelah dilaksanakan tindakan dalam dua siklus mengalami kemajuan yang cukup berarti sehingga diperoleh data 93,33% anak mampu bercerita menceritakan kembali gambar seri yang sudah disusunnya dengan baik.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Widyastuti, T. S. . (2023). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Menanam Biji Kacang Hijau Pada Anak Kelompok B TK Bhakti Manunggal Kraton. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3156–3162. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13855