Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Menanam Biji Kacang Hijau Pada Anak Kelompok B TK Bhakti Manunggal Kraton
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13855Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan bercerita anak Kelompok B TK Bhakti Manunggal Kraton Yogyakarta melalui kegiatan menanam biji kacang hijau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru TK Bhakti Manunggal Yogyakarta, dengan subyek yang diteliti anak kelompok B Tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif dengan subyek penelitian anak anak TK kelompok B di TK Bhakti Manunggal dengan usia antara 5-6 Thn.Metode pengumpulan data dengan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan observasi kemampuan bercerita instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan observasi kemampuan bercerita. Data diolah secara deskriptif kualitatif dengan sumber data anak kelompok B.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bercerita anak TK bisa dikembangkan melalui media gambar seri mananam biji kacang hijau. Hali ini ditunjukkan dengan hasil penelitian diperoleh data kemampuan anak bercerita lancar dengan melihat hasil gambar yang dibuatnya, lebih bisa konsentrasi, meningkat kosa katanya yang berdampak pada semakin lancarnya kemampuan berbicara anak. Kondisi awal kemampuan bercerita anak dapat disampaikan bahwa dari 15 anak didik di kelompok B TK Bhakti Manunggal, ada 13% yang mampu bercerita dengan baik.setelah dilaksanakan tindakan dalam dua siklus mengalami kemajuan yang cukup berarti sehingga diperoleh data 93,33% anak mampu bercerita menceritakan kembali gambar seri yang sudah disusunnya dengan baik.Downloads
Published
2023-04-09
How to Cite
Widyastuti, T. S. . (2023). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Seri Menanam Biji Kacang Hijau Pada Anak Kelompok B TK Bhakti Manunggal Kraton. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3156–3162. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13855
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Theresia Supadmi Widyastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









