Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Prakarya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Meaningful Instructionnal Design di Kelas X Ips-5 Man 2 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13852Abstract
Berdasarkan proses pembelajaran peserta didik Kelas X IPS-5 MAN 2 Kota Padang dalam pembelajaran Prakarya ditemukan bahwa minat peserta didik dalam pembelajaran Prakarya masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang Peningkatan Minat Belajar peserta didik dalam pembelajaran Prakarya melalui Model Pembelajaran Kooperatif Meaningful Instructionnal Design di Kelas X IPS-5 MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 30 orang peserta didik Kelas X IPS-5 MAN 2 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaan Meaningful Instructionnal Design dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Prakarya di MAN 2 Kota Padang. Minat belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Minat belajar peserta didik pada siklus I pertemuan 1 69.55% dalam kategori Cukup sedangkan Siklus 1 Pertemuan 2 adalah 76.88% dalam kategori Baik. Siklus II Pertemuan 1 rata-ratanya 87.13% dalam Kategori Baik dan meningkat lagi Siklus II Pertemuan 2 91.85%.Downloads
Published
2023-04-09
How to Cite
Zulfia, Y. . (2023). Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Prakarya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Meaningful Instructionnal Design di Kelas X Ips-5 Man 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3142–3149. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13852
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yeni Zulfia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









