Analisis Hubungan Perhatian orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid - 19

Authors

  • Yanti Yandri Kusuma Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1384

Keywords:

Analisis Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas III SD PT Tunggal Yunus Pertapahan Kabupaten Kampar pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang tua atau wali murid kelas III SD PT Tunggal Yunus Pertapahan Kabupaten Kampar pada masa Pandemi Covid-19. Teknik pengumpulan data atau alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Penelitian yang dimaksud ini dimaksud untuk mengetahui hubungan antara variabel X terhadap Y dengan menggunkan teknik korelasi product Moment. Dalam penelitian ini perhatian orangtua dikelompokkan dalam 4 kategori, yaitu sangat sering, sering, jarang dan tidak pernah. Yang menyatakan sangat sering sebanyak 20 orang atau 44.22%, yang menyatakan Sering sebanyak 10 orang atau 25.50%, yang menyatakan jarang sebanyak 3 orang atau 6.10% dan yang menyatakan tidak pernah sebanyak 2 orang atau 3.05%. Dalam penelitian ini prestasi belajar siswa dikelompokkan dalam 4 kategori, yaitu amat baik, baik, cukup baik dan sangat tidak baik. Nilai siswa yang amat baik sebanyak 10 orang atau 18.64% dan nilai Baik sebanyak 35 orang atau 60.36%. Artinya nilai siswa dalam masa Pandemi Covid-19 tetap bagus. Perhatian orang tua dengan kedisiplinan siswa memiliki hubungan yang signifikan dimana thitung > ttabel. Perhatian orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa dimana thitung > ttabel atau 4.578 > 1.000, maka ditolak artinya ada hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua dengan prestasi belajar siswa

References

Abu Ahmadi, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Agus Suprijono, Cooperative Learning (Teori & Aplikasi Paikem), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Anne Ahira, Faktor-Faktor yang mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa, http://www.anneahira.com, online, diakses tanggal 29/01/2012.

Ahmadi, A dan Joko Tri Pasetya. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia. Bandung.

Ahmadi, A dan Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta .

Ahmadi, A. 2003. Psikologi Umum. Jakarta. Rineka cipta

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka cipta

Buchari. 2007. Belajar Mudah Penelitian. Jakarta: Alfabeta

Baharuddin, 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Arruz.

Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung. Rosda

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B .2002. Psikologi belajar. Jakarta. Rineka cipta.

___________. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta. Rineka cipta.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Rina Puspitasari (2020). Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Pendidikan Di Indonesia Diterbitkan tanggal 23 April 2020. https://iain-surakarta.ac.id/hikmah-pandemi-covid-19-bagi-pendidikan-di-indonesia/

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sofchah Sulistyowati, Cara Belajar yang Efektif dan Efisien, Pekalongan: Cinta Ilmu, 2001.

Downloads

Published

2021-03-02

How to Cite

Kusuma, Y. Y. (2021). Analisis Hubungan Perhatian orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid - 19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 65–70. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1384

Issue

Section

Articles