Penerapan Model Pembelajaran Inquiri dengan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN 2 Moyongkota Baru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13825Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media video. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Moyongkota Baru. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Aspek yang diukur dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan materi gaya dan gerak melalui model pembelajaran inkuiri dengan media video. Adapun hasil dari aktivitas siswa dalam setiap siklus yaitu pada siklus I 61,34 % siklus II 70,85 % dan siklus III 80,57 %. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah presentase aktivitas siswa dan ketuntasan belajar. Berdasarkan data yang diperoleh melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2023-04-08
How to Cite
Bahansubu, H., Mangangantung, J. ., & Liando, M. R. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri dengan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN 2 Moyongkota Baru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3104–3114. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13825
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Hardianti Bahansubu, Jeanne Mangangantung, Mayske Rinny Liando

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









