Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Di Kelas X-IPA-1 MAN 2 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13819Abstract
Berdasarkan aktivitas belajar siswa kelas X-IPA-1 MAN 2 Kota Padang dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia ditemukan bahwa aktivitas belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang Peningkatan Aktivitas Belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining di kelas X-IPA-1 MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 35 orang siswa kelas X-IPA-1 MAN 2 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dapat disimpulkan bahwa model pembelajaan kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X-IPA-1 MAN 2 Kota Padang. Aktivitas belajar siswa pada siklus I Pertemuan 1 69.59% (Cukup) sedangkan pertemuan 2 76.11% ( Baik) dan Siklus 2 pertemuan 1 79.66% (Baik) sedangkan pertemuan 2 meningkat menjadi 83.55% dengan kategori baik.Downloads
Published
2023-04-08
How to Cite
Purnama, D. . (2023). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Di Kelas X-IPA-1 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3054–3060. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13819
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Darwiyatni Purnama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).