Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Di Kelas X-IPA-1 MAN 2 Kota Padang

Authors

  • Darwiyatni Purnama MAN 2 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13819

Abstract

Berdasarkan aktivitas belajar siswa kelas X-IPA-1 MAN 2 Kota Padang dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia ditemukan bahwa aktivitas belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang Peningkatan Aktivitas Belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining di kelas X-IPA-1 MAN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 35 orang siswa kelas X-IPA-1 MAN 2 Kota Padang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dapat disimpulkan bahwa model pembelajaan kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X-IPA-1 MAN 2 Kota Padang. Aktivitas belajar siswa pada siklus I Pertemuan 1 69.59% (Cukup) sedangkan pertemuan 2 76.11% ( Baik) dan Siklus 2 pertemuan 1 79.66% (Baik) sedangkan pertemuan 2 meningkat menjadi 83.55% dengan kategori baik.

Downloads

Published

2023-04-08

How to Cite

Purnama, D. . (2023). Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Di Kelas X-IPA-1 MAN 2 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3054–3060. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13819