Perbandingan Circuit Training dan Interval Training Terhadap Vo2 Max Dengan Indeks Massa Tubuh Pemain Bola Voli

Authors

  • Sumintarsih Sumintarsih Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  • Tri Saptono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  • Hanafi Mustofa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  • Lilik Indriharta Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13786

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain klub Bola Voli BSA (Balangan Student Association), Sendangsari, Minggir, Sleman Yogyakarta besarnya sampel berjumlah 24 Atlet. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan ANAVA. Uji prasyarat analisis data dengan menggunakan uji normalitas (uji Lilliefors dengan ? = 0.05) dan uji homogenitas varians (uji Bartlett dengan ? = 0.05).Hasil penelitian sebagai berikut : 1) Ada perbedaan pengaruh antara IMT rendah dengan rerata 3,844166667 dan IMT tinggi dengan rerata 2,528333333 terhadap peningkatan kemampuan VO2 max dengan selisih rerata 1,315833334. 2) Ada perbedaan pengaruh antara metode circuit training dengan rerata 2,716666667 dan interval training dengan rerata 3,655833333, terhadap peningkatan kemampuan VO2 Max selisih rerata 0,939166666. 3) Ada perbedaan pengaruh antara circuit training IMT rendah dengan rerata 3,001666667 dan interval training IMT rendah dengan rerata 4,686666667 terhadap peningkatan kemampuan VO2 Max selisih rerata 1,685. 4) ada perbedaan pengaruh antara circuit training IMT tinggi dengan rerata 2,431666667 dan interval training IMT tinggi dengan rerata 2,626 terhadap peningkatan VO2 max selisih rerata 0,193333333. 5) Interaksi antara IMT dan metode latihan 1,45530676.

Downloads

Published

2023-04-07

How to Cite

Sumintarsih, . S., Saptono , T. ., Mustofa, H. ., & Indriharta, L. . (2023). Perbandingan Circuit Training dan Interval Training Terhadap Vo2 Max Dengan Indeks Massa Tubuh Pemain Bola Voli. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3030–3038. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13786