Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Raden Mas Said Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13767Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana internalisasi nilai nilai multikultural melalui multikultural pada perguruan tinggi Keagamaan Islam Negeri melalui himpunan mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam di UIN Raden Mas Said Surakarta dengan 1) menguraikan sejauh mana proses internalisasi nilai-nilai multicultural pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam himpunan mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam; 2) Pendekatan yang digunakan mahasiswa dalam menginternalisasi nilai-nilai multikultural melalui himpunann mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam; 3) Seperti apa faktor pendukung dan penghambat serta peran kampus dalam internalisasi nilai-nilai multikultural di UIN Raden Mas Said Surakarta. Adapun Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan studi lapangan di UIN Raden Mas Said Surakarta melalui himpunan mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam. Adapun sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu wawancara ,observasi dan dokumentasi. Adapun teknik dengan rekdusi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai multikultural dapat dinternalisasi berlangsung secara holistik dan integratif melalui kegiatan ekstrakurikuler meliputi: nilai saling menghargai, nilai demokrasi, nilai toleransi,nilai keharmonisan, nilai pluralitas nilai kesetaraan, dan nilai keadilan. Dengan demikian perlu langkah sinergitas antara intrakurikuler dan ekstrakurikuler bertujuan membiasakan dan membudayakan nilai-nilai Multikultural dalam lingkungan kampus dan juga unit kegiatan mahasiswa.Downloads
Published
2023-04-09
How to Cite
Muharom, F. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Raden Mas Said Surakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3187–3196. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13767
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Fauzi Muharom

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









