Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Citra Bangsa Desa Kedaton Timur

Authors

  • Rosalia Rosalia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Indah Wigati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Yecha Febrieanitha Putri Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13723

Abstract

Rendahnya kemampuan bahasa anak dalam menyimak menjadi satu tujuan peneliti mengangkat penelitian yang berjudul “Pengaruh Metode bercerita terhadap kemampuan menyinmak Anak Usia 5-6 Tahun di pau Citra bangsa desa kedaton timur”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari Metode bercerita terhadap kemampuan menyimaki pada anak. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknis analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan test awal (pretest) dan test akhir (posttest), selanjutnya peneliti menganalisis semua hasil penelitian, dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bercerita anak pada kemampaun menyimak , diperoleh t-hitung = 9,037 sedangkan t-tabel = 2,145, karena t-hitung > t-tabel  (9,037> 2,145). Maka dapat disimpulkan Ho ditolak maka Ha diterima, diterima artinya terdapat pengaruh Metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di Paud Citra Bangsa Desa Kesaton Timur

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Rosalia, R., Wigati, I., & Putri, Y. F. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Citra Bangsa Desa Kedaton Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2845–2853. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13723

Most read articles by the same author(s)