Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Citra Bangsa Desa Kedaton Timur
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13723Abstract
Rendahnya kemampuan bahasa anak dalam menyimak menjadi satu tujuan peneliti mengangkat penelitian yang berjudul “Pengaruh Metode bercerita terhadap kemampuan menyinmak Anak Usia 5-6 Tahun di pau Citra bangsa desa kedaton timur”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari Metode bercerita terhadap kemampuan menyimaki pada anak. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknis analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah dilakukan test awal (pretest) dan test akhir (posttest), selanjutnya peneliti menganalisis semua hasil penelitian, dari penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bercerita anak pada kemampaun menyimak , diperoleh t-hitung = 9,037 sedangkan t-tabel = 2,145, karena t-hitung > t-tabel (9,037> 2,145). Maka dapat disimpulkan Ho ditolak maka Ha diterima, diterima artinya terdapat pengaruh Metode bercerita terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di Paud Citra Bangsa Desa Kesaton TimurDownloads
Published
2023-04-06
How to Cite
Rosalia, R., Wigati, I., & Putri, Y. F. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Citra Bangsa Desa Kedaton Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2845–2853. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13723
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rosalia Rosalia, Indah Wigati, Yecha Febrieanitha Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).