Studi Komparatif Metode “Program Sain” dengan “Program Bisa” dalam Pembelajaran Ilmu Sharaf Dasar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13585Abstract
Ilmu sharaf dasar merupakan salah satu cabang ilmu bahasa Arab sebagai awal dalam memahami perubahan kata bahasa Arab. Di era digital ini berbagai macam ilmu dapat diakses dan ditemukan di internet, sehingga banyak sekali yang membentuk kelas-kelas keilmuan atau ajang dakwah agar bermanfaat bagi masyarakat luas. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik antara metode program SAIN dan program BISA dalam pelajaran ilmu sharaf dasar. Sampel yang digunakan sebanyak 30 sampel dari 100 sampel populasi yang diambil dari masing-masing program dengan teknik random sampling. Penelitian ini fokus mengkaji pada prestasi belajar dan menganalisisnya dengan menghitung uji t (independent sample t-test) dengan taraf 50% (0,05) dengan bantuan SPSS for windows ver 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar para peserta didik dalam bidang ilmu sharaf dasar dari masing-masing dua metode program tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi data memiliki sig. Levene’s test for equality 087 (0,087) dan nilai sig. 2-tailed 0,641 dan 0,642.Downloads
Published
2023-04-02
How to Cite
Mujahidah, S. ., Fanirin, H. ., & Aminulloh, A. (2023). Studi Komparatif Metode “Program Sain” dengan “Program Bisa” dalam Pembelajaran Ilmu Sharaf Dasar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2513–2521. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13585
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sidrotul Mujahidah, Hasyim Fanirin, Ali Aminulloh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).