Studi Komparatif Metode “Program Sain” dengan “Program Bisa” dalam Pembelajaran Ilmu Sharaf Dasar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

Authors

  • Sidrotul Mujahidah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Hasyim Fanirin Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Ali Aminulloh Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13585

Abstract

Ilmu sharaf dasar merupakan salah satu cabang ilmu bahasa Arab sebagai awal dalam memahami perubahan kata bahasa Arab. Di era digital ini berbagai macam ilmu dapat diakses dan ditemukan di internet, sehingga banyak sekali yang membentuk kelas-kelas keilmuan atau ajang dakwah agar bermanfaat bagi masyarakat luas. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar peserta didik antara metode program SAIN dan program BISA dalam pelajaran ilmu sharaf dasar. Sampel yang digunakan sebanyak 30 sampel dari 100 sampel populasi yang diambil dari masing-masing program dengan teknik random sampling. Penelitian ini fokus mengkaji pada prestasi belajar dan menganalisisnya dengan menghitung uji t (independent sample t-test) dengan taraf 50% (0,05) dengan bantuan SPSS for windows ver 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar para peserta didik dalam bidang ilmu sharaf dasar dari masing-masing dua metode program tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi data memiliki sig. Levene’s test for equality 087 (0,087) dan nilai sig. 2-tailed 0,641 dan 0,642.

Downloads

Published

2023-04-02

How to Cite

Mujahidah, S. ., Fanirin, H. ., & Aminulloh, A. (2023). Studi Komparatif Metode “Program Sain” dengan “Program Bisa” dalam Pembelajaran Ilmu Sharaf Dasar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2513–2521. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13585

Most read articles by the same author(s)