Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Melalui Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Siswa MTS Sirajul Ulum
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13561Abstract
Manusia tidak lepas dari yang namanya masalah, berpikir kritis tidak tumbuh begitu saja, perlu yang namanya usaha dalam menumbuhkan berpikir kritis yakni dengan cara berusaha mencari suatu hakikat kebenaran yang nantinya bisa memberikan dampak positif di dalam kemaslahatan manusia. Guru sebagai peran fasilitator di dalam segala proses pembelajaran juga bisa ditinjau ketika guru bisa menyediakan fasilitas pembelajaran berupa metode, media serta model pembelajaran. Problem based learning (PBL) atau pembelajaran berasaskan masalah yang bisa memberikan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembiasaan memberikan rangkaian problem kemudian dilakukan pencarian cara bagaimana masalah bisa diselesaikan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dan mendapatkan hasil yang bagus serta terdapat dua faktor pada saat pelaksanaan penggunaan model Problem Based Learning seperti tidak semuanya siswa paham akan model tersebut serta penunjang sarana dan prasarana yang harus terpenuhi.Downloads
Published
2023-04-01
How to Cite
Sa’diyah, . H. ., Wisudaningsih, . E. T. ., & Anjana, F. . (2023). Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Melalui Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Siswa MTS Sirajul Ulum. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2291–2296. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13561
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Halimatus Sa’diyah, Endah Tri Wisudaningsih, Fika Anjana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).