Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Melalui Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Siswa MTS Sirajul Ulum

Authors

  • Halimatus Sa’diyah Universitas Zainul Hasan Genggong
  • Endah Tri Wisudaningsih Universitas Zainul Hasan Genggong
  • Fika Anjana Universitas Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13561

Abstract

  Manusia tidak lepas dari yang namanya masalah, berpikir kritis tidak tumbuh begitu saja, perlu yang namanya usaha dalam menumbuhkan berpikir kritis yakni dengan cara berusaha mencari suatu hakikat kebenaran yang nantinya bisa memberikan dampak positif di dalam kemaslahatan manusia. Guru sebagai peran fasilitator di dalam segala proses pembelajaran juga bisa ditinjau ketika guru bisa menyediakan fasilitas pembelajaran berupa metode, media serta model pembelajaran. Problem based learning (PBL) atau pembelajaran berasaskan masalah yang bisa memberikan keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembiasaan memberikan rangkaian problem kemudian dilakukan pencarian cara bagaimana masalah bisa diselesaikan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dan mendapatkan hasil yang bagus serta terdapat dua faktor pada saat pelaksanaan penggunaan model Problem Based Learning seperti tidak semuanya siswa paham akan model tersebut serta penunjang sarana dan prasarana yang harus terpenuhi.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Sa’diyah, . H. ., Wisudaningsih, . E. T. ., & Anjana, F. . (2023). Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Berfikir Kritis Melalui Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Pada Siswa MTS Sirajul Ulum. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2291–2296. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13561