Evaluasi Kinerja Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Nenerapkan Konsep Manajemen Mutu, Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Suci Hartati Institut Agama Islam An Nur Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.13559

Abstract

Keberhasilan atau kegagalan sekolah ditentukan oleh kepemimpinannya. Salah satu penyebabnya adalah administrasi sekolah yang buruk dan efek negatif kepemimpinan dalam meningkatkan standar pendidikan, seperti "sarana dan prasarana". Selain itu, pentingnya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan standar pendidikan di sekolah tidak bisa dilebih-lebihkan. Apa hasil dari upaya kepala sekolah untuk meningkatkan standar pendidikan? Peneliti ini tertarik untuk mempelajari lebih jauh bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan standar pendidikan. untuk melihat cara kepemimpinan kepala sekolah membuat pendidikan menjadi lebih baik. untuk menyelidiki cara-cara di mana kepemimpinan kepala sekolah telah membantu meningkatkan standar pendidikan. Sifat penelitian ini adalah kualitatif. Guru, kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah menjadi subyek utama penelitian ini.  Hidayatul Mubtadiin Lampung menjadi lokasi penelitian. tata cara wawancara, observasi, dan pengumpulan data berdasarkan dokumentasi. Temuan menunjukkan: Penilaian kinerja kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan konsep manajemen mutu merupakan suatu langkah penting untuk meningkatkan mutu pendidikan. Evaluasi kinerja dilakukan dengan langkah-langkah, seperti identifikasi tujuan dan sasaran, analisis data, identifikasi kekuatan dan kelemahan, identifikasi tindakan perbaikan, evaluasi kinerja, dan tindak lanjut. Evaluasi ini harus melibatkan semua pihak yang terlibat, seperti guru, staf, dan orang tua siswa. Dengan melakukan evaluasi ini secara teratur, maka mutu pendidikan di sekolah dapat terus ditingkatkan sehingga memberikan manfaat yang lebih besar bagi siswa dan masyarakat. 1. Di Mts Hidayatul Mubtadiin menegaskan bahwa kepemimpinan kepala sekolah sangat penting untuk keberhasilan sekolah, dan kepemimpinan yang efektif memungkinkan kepala sekolah untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan siswa. 2. Memperhatikan warga sekolah, membuat program (prota, promissory note), mengembangkan visi dan misi, melaksanakan apa yang telah disiapkan, dan melakukan evaluasi semuanya dapat meningkatkan kualitas kepala sekolah di Mts Hidayatul Mubtadiin. Banyaknya sarana dan prasarana yang sudah tua, seperti laboratorium IPA, dan kegiatan ekstrakurikuler yang membantu siswa mengembangkan bakatnya belum dimanfaatkan secara maksimal. 3. Mayoritas lulusan dapat mendaftar di sekolah negeri dan swasta kompetitif yang menghasilkan siswa yang mampu membaca Alquran dan kitab kuning dan bersaing di lingkungan tersebut. Bangunan ini sedang dibangun sekarang untuk memberi ruang bagi lebih banyak kelas dan membuat pendidikan lebih baik. Selain itu, sumber belajar dan keterampilan administrasi guru meningkat.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Hartati, . S. . (2022). Evaluasi Kinerja Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Nenerapkan Konsep Manajemen Mutu, Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13422–13433. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.13559