Keteladanan Nabi Adam Melalui Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Student Teams Chievement Divisons (STAD) Siswa KELAS I SDN 3 Sialang Pasung Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1352Keywords:
STAD, Minat, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses perencanaan,pelaksanaan dan penilaian dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe studentteam achievement divisions untuk meningkatkan minat dan hasil belajar sisiwa pada pembelajaran PAI materi keteladanan Nabi Adam AS pada kelas I SDN 3 Sialang Pasung Penelitian ini menggunkan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tahapan penelitian mengikuti Kemmis dan Taggart yaitu berupa suatu siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I sebanyak 25 siswa. Validasi data dengan teknik triangulasi.Teknik analisis data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan mengunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisionsdapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan minat belajar siswa dari 5 siswa atau 20,00% pada kondisi awal meningkat menjadi 16 siswa atau 64,00% dan pada siklus terakhir menjadi 24 siswa atau 96,00%. Penjelasan mengenai rata-rata kondisi awal sebesar 56,40, meningkat pada siklus I menjadi 66,40 dan pada siklus terakhir menjadi 76,80, sedangkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 60,00% dari 25 siswa, menjadi 15 siswa atau 60,00% dan 23 siswa atau 92,00% pada siklus terakhir.. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pembelajaran PAI materi keteladanan Nabi Adam AS pada kelas I SDN 3 Sialang Pasung Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.References
Agus Suprijono, 2010. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Ahmad, Tafsi. 1995. Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung: Remaja. Rosdakarya
Anas Sudijono, 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian; Suatu pendekatan praktik, edisi revisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Bogdan, R.C., Biklen, S.K. (1982). Qualitative Research For Education: An Introduction to Theory and Method. Boston :Allyn and Bacon, Inc.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
E. Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hera Lestari Mikarsa, dkk. 2004. Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Isjoni, 2011. Cooperatif Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok, Bandung : Alfabeta
Ismail, 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasail Media Group
Moh. Pabundu Tika, 2006. Metodologi Riset Bisnis Jakarta: Bumi Aksara
Robert E Slavin, 2005. Cooperative Learning: teori, riset dan praktik, Penerjemah: Narulita Yusron, Bandung: Nusa Media
Sanjaya,Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Slavin, R.E. 1990. Educational Psychology: Theory and Practice. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon
Sofan Amri dan Lif Khoiru Ahmadi, 2010. Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreaatif Dalam Kelas, Jakarta : Prestasi Pustakarya
Sukmadinata, Syaodih Nana, 2009.Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Bandung: P.T remaja Rosdakarya
Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Thoha, Chabib. 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tim Penyusun Kamus. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Wina Sanjaya, 2010. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana
Zaini,Hisyam dkk. 2009. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center For Teaching Staff Development) IAIN Sunan Kalijaga.