Keteladanan Nabi Adam Melalui Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Student Teams Chievement Divisons (STAD) Siswa KELAS I SDN 3 Sialang Pasung Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Musringah Musringah SD Sialang Pasung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1352

Keywords:

STAD, Minat, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses perencanaan,pelaksanaan dan penilaian dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe studentteam achievement divisions untuk meningkatkan minat dan hasil belajar sisiwa pada pembelajaran PAI materi keteladanan Nabi Adam AS pada kelas I SDN 3 Sialang Pasung Penelitian ini menggunkan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tahapan penelitian mengikuti Kemmis dan Taggart yaitu berupa suatu siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I sebanyak 25 siswa. Validasi data dengan teknik triangulasi.Teknik analisis data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan mengunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisionsdapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan minat belajar siswa dari 5 siswa atau 20,00% pada kondisi awal meningkat menjadi 16 siswa atau 64,00% dan pada siklus terakhir menjadi 24 siswa atau 96,00%. Penjelasan mengenai rata-rata kondisi awal sebesar 56,40, meningkat pada siklus I menjadi 66,40 dan pada siklus terakhir menjadi 76,80, sedangkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 60,00% dari 25 siswa, menjadi 15 siswa atau 60,00% dan 23 siswa atau 92,00% pada siklus terakhir.. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pembelajaran PAI materi keteladanan Nabi Adam AS pada kelas I SDN 3 Sialang Pasung Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019.

References

Agus Suprijono, 2010. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Ahmad, Tafsi. 1995. Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung: Remaja. Rosdakarya

Anas Sudijono, 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian; Suatu pendekatan praktik, edisi revisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Bogdan, R.C., Biklen, S.K. (1982). Qualitative Research For Education: An Introduction to Theory and Method. Boston :Allyn and Bacon, Inc.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

E. Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hera Lestari Mikarsa, dkk. 2004. Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Isjoni, 2011. Cooperatif Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok, Bandung : Alfabeta

Ismail, 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasail Media Group

Moh. Pabundu Tika, 2006. Metodologi Riset Bisnis Jakarta: Bumi Aksara

Robert E Slavin, 2005. Cooperative Learning: teori, riset dan praktik, Penerjemah: Narulita Yusron, Bandung: Nusa Media

Sanjaya,Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Slavin, R.E. 1990. Educational Psychology: Theory and Practice. Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon

Sofan Amri dan Lif Khoiru Ahmadi, 2010. Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreaatif Dalam Kelas, Jakarta : Prestasi Pustakarya

Sukmadinata, Syaodih Nana, 2009.Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Bandung: P.T remaja Rosdakarya

Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Thoha, Chabib. 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Penyusun Kamus. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wina Sanjaya, 2010. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana

Zaini,Hisyam dkk. 2009. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD (Center For Teaching Staff Development) IAIN Sunan Kalijaga.

Downloads

Published

2021-03-02

How to Cite

Musringah, M. (2021). Keteladanan Nabi Adam Melalui Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Student Teams Chievement Divisons (STAD) Siswa KELAS I SDN 3 Sialang Pasung Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 57–64. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1352

Issue

Section

Articles